visitaaponce.com

BMKG Wilayah Jabodetabek Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sampai 1 Desember 2023

BMKG: Wilayah Jabodetabek Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sampai 1 Desember 2023
Antrean penumpang bus di tengah hujan di Jakarta Selatan.(MI/Ramdani)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem berdampak pada peningkatan curah hujan terjadi di sejumlah wilayah, termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Cuaca ekstrem diperkirakan terjadi hingga awal Desember 2023.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menambahkan, cuaca ekstrem ini berpotensi terjadi karena adanya fenomena dinamika atmosfer yang cukup signifikan.

“BMKG memonitor, saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia,” ujar Guswanto dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu (29/11).

Baca juga: Cuaca Ekstrem Berlanjut, Daerah di Jateng Diminta Tingkatkan Siaga Bencana

Wilayah Jabodetabek, lanjutnya, berpotensi dilanda hujan sedang dan lebat pada periode 25 November 2023 sampai 1 Desember 2023.

Karena itu, BMKG mengimbau pemerintah daerah untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan dan dampak bencana yang dapat ditimbulkan.

Baca juga: Angin Kencang Ancam Sejumlah Kawasan Indonesia

“Kami berharap pihak terkait memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan,” ungkap Guswanto.

Selain itu, tambahnya, pemerintah daerah juga diminta mengecek pohon-pohon rawan tumbang dan memperkuat tiang papan reklame agar tidak roboh tertiup angin kencang.

"Potensi hujan sedang dan lebat di sebagian wilayah Jabodetabek pada periode tanggal 25 November sampai 1 Desember 2023," ujar Guswanto.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat