visitaaponce.com

6 WNA Ditangkap Imigrasi Jakarta Pusat

6 WNA Ditangkap Imigrasi Jakarta Pusat
Konferensi pers tentang WNA yang tidak memiliki dokumen perjalanan.(MEDCOM/CHRISTIAN)

SEBANYAK 6 Warga Negara Asing (WNA) ditangkap petugas Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat. Keenamnya tidak dapat menunjukkan dokumen perjalanan. 

"Petugas kami amankan enam WNA dengan inisial AP, NM, RC, HE, OG dan LS di dua lokasi di Jakarta Pusat," ucap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat Wahyu Hidayat dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/12).

Wahyu mengatakan keenam WNA itu diduga melanggar melebihi masa izin tinggal (overstay) sebagaimana pada pasal 78 ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Baca juga: 2 WNA Terlibat Kasus Penganiayaan di Bali Diamankan Saat Hendak Kabur

"Kami mengganjar keenam dengan tindakan administratif keimigrasian sesuai pada Pasal 75 ayat 2 Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian," terangnya.

Selain itu, Wahyu menuturkan pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap warga negara asing (WNA) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan Operasi Jagratara.

“Kami telah melakukan Pengawasan Operasi JAGRATARA di Wilayah Administrasi Kota Jakarta Pusat, menjelang Pemilu dan Pilkada 2024," tuturnya.

Baca juga: WNA Buronan Asal Tiongkok Dideportasi dari Indonesia

Wahyu mengatakan operasi ini serentak dilaksanakan pada seluruh wilayah kerja Unit pelaksanaan Teknis Imigrasi di seluruh Indonesia pada 2023.

"Operasi ini dilaksanakan secara serentak pada seluruh wilayah kerja Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di seluruh Indonesia pada 2023," ucapnya.

Diharapkan dengan diadakannya Operasi Jagratara pengawasan orang asing secara serentak, dapat meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh Orang Asing yang berada dan berkegiatan di Indonesia serta dapat menciptakan wilayah yang kondusif. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat