visitaaponce.com

Pertamina EP Field Tambun Beri Bantuan Sarana Penunjang Pelestarian Budaya Betawi

Pertamina EP Field Tambun Beri Bantuan Sarana Penunjang Pelestarian Budaya Betawi
Pertunjukan seni budaya Betawi di Padepokan SIma Maung, Babelan, Bekasi, Jawa barat(Dok. Pertamina EP)

MENDUKUNG pelestarian kebudayaan betawi, PT Pertamina EP memberikan bantuan peralatan kesenian sebagai sarana penunjang fasilitas kepada Padepokan Sima Maung di Desa Kedung Jaya, Kecamatan Babelan, Bekasi, Jawa Barat.

Sarana penunjang kesenian yang diberikan merupakan bagian dari Program pemberdayaan masyarakat Kampung seni Budaya Khas Betawi (Kang Bekasi) yang diinisiasi oleh PEP Tambun Field. Program ini bertujuan melestarikan kembali budaya lokal yang telah pudar karena perkembangan zaman.

Program Kang Bekasi dimulai pada 2021 yang bekerjasama dengan Padepokan Sima Maung dan telah membina 120 anak didik tanpa biaya. Seni budaya yang dilestarikan oleh Padepokan itu mencakup seni bela diri, palang pintu, tari tradisional dan ibing pencug (gerak silat yang diiringi jaipong).

Baca juga : 128 Ribu Liter Air Bersih Disalurkan pada Warga Bekasi

Bentuk Program Kang Bekasi berupa fasilitas peralatan pendukung kegiatan seni dan pendaftaran hak cipta beberapa karya seni yang telah dihasilkan.

“Program ini merupakan bentuk komitmen Perusahaan dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal dan budaya setempat di sekitar lokasi operasi, khususnya di Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Melalui dukungan perlengkapan ini, harapannya bisa menambah motivasi anak didik untuk bisa berkembang dan berkreasi lagi dalam pelestarian seni dan budaya khususnya budaya Betawi” tutur Wazirul Luthfi  Head of Communication, Relation & CID Zona 7.

“Kami atas nama Padepokan Sima Maung sekaligus masyarakat Desa Kedung Jaya sangat berterima kasih kepada Pertamina EP Field Tambun atas kepedulian dan kontribusinya dalam pelestarian budaya Betawi selama ini khususnya untuk masyarakat Babelan. bantuan yang telah diberikan selama ini,” imbuh Lukman, Ketua Padepokan Sima Maung.

Baca juga : Pementasan Lenong Betawi Cara Warga Lestarikan Budaya Jakarta

Selain untuk menumbuhkembangkan minat seni dan budaya daerah kepada anak dan remaja,  program itu turut berkontribusi menjaga originalitas karya asli anak bangsa dengan mendaftarkan hak cipta sebanyak 20 karya cipta yang yang dibuat oleh Padepokan Sima Maung. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat