visitaaponce.com

Baims Kembangkan Graha Arraya Seluas 46 Hektar di Bogor Barat

Baims Kembangkan Graha Arraya Seluas 46 Hektar di Bogor Barat
Akad massal perdana Kawasan Perumahan Graha Arraya, Bogor, Rabu (21/2/2024)(MI)

KAWASAN Bogor Barat semakin berkembang menjadi kawasan hunian bagi kalangan masyarakat berpenghasilan menengah-bawah. Hal ini menjadi alasan tiga perusahaan properti terkemuka (Delta Group, Kharisma Group dan Imanan Holding) yang bergabung dalam perusahaan konsorsium PT Bahana Imanan Suksestama (Baims) serius mengembangkan Kawasan Perumahan Graha Arraya seluas 46 hektar. 

Kawasan perumahan yang mencakup luas 46 hektar ini terletak di kecamatan Ciampea dan Cibungbulang, Bogor. Dengan perbaikan akses Dramaga dan rencana pembangunan jalan tol yang akan melintasi wilayah Ciampea, minat para pengembang properti semakin meningkat untuk membangun kawasan hunian dan komersial di sana.

Keberadaan kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) di Dramaga Bogor, serta pembangunan jalan tol Sentul – Yasmin yang akan diteruskan hingga Dramaga (Bogor Outer Ring Road atau BORR), semakin menambah daya tarik kawasan Dramaga.

Baca juga : Manakib Rezeki Gelar Serah-Terima Sertifikat Rumah ke Konsumen Manakib City Bogor

"Rencananya akan dibangun sebanyak 3.500 unit rumah, subsidi dan komersil. Lokasinya sangat strategis. Akses gerbang utamanya tepat berada dipinggir jalan raya propinsi Dramaga-Leuwiliang, Desa Girimulya, Kecamatan Cibungbulang, Bogor," terang Direktur Utama Baims Endang Kawidjaja dalam keterangan resmi yang diterima pada Rabu (21/2).

Untuk menarik minat masyarakat, pengembang akan memulai dengan membangun rumah murah bersubsidi, dengan harga jual mulai dari Rp180 jutaan. Promo ini terbatas pada 300 unit rumah bersubsidi, dan pada hari pertama promosi sudah ada 58 orang yang melakukan akad kredit.

"Cukup membayar uang muka Rp1 juta (all inn), konsumen sudah bisa melakukan akad kredit dan bisa memiliki hunian tipe 27/60. Ada 120 orang yang sedang proses di bank. Targetnya sebelum lebaran terjual semua. Bank BTN memberikan dukungan penuh. Mulai dari pembiayaan Kredit Modal Kerja sampai KPR-nya,” ujar Endang.

Baca juga : Harmoni Park Bekasi Kembangkan Perumahan Strategis 30 Hektar di Babelan

CEO Imanan Holding Firman Budiman menjelaskan bahwa Perumahan Graha Arraya akan mengusung konsep Nuansa Hijau dan One Stop Living , dengan fasilitas seperti sarana ibadah, olahraga, fitness outdoor, taman bermain, dan berbagai lainnya. Rencananya, akan dibangun juga rumah sakit tipe C dan fasilitas pendukungnya di area depan perumahan.

Target pembeli mencakup masyarakat Bogor dan sekitarnya, warga Depok dan Serpong, serta konsumen yang sebelumnya sudah menjadi pembeli produk dari pengembang tersebut.

“Dengan track record sebagai pengembang yang berpengalaman baik, kami yakin dalam 6-7 tahun ke depan pengembangan Graha Arraya bisa kami selesaikan,” tambahnya.

Baca juga : Serah Terima Cluster Asera Nishi di Kota Harapan Indah Sudah Tahap Ketiga

Akuisisi Proyek Senilai Rp192 Miliar

Proyek Perumahan Graha Arraya awalnya dikenal sebagai Pesona Alam Dramaga dan dibangun oleh PT Randu Alas pada tahun 2018. Setelah mengalami stagnasi karena meninggalnya pemegang saham, pengembang Graha Arraya, yaitu Baims, mengakuisisi proyek tersebut senilai Rp192 miliar.

Akuisisi ini didukung oleh Bank BTN dan melibatkan kolaborasi antara Delta Group, Kharisma Group, dan Imanan Holding dalam pembentukan perusahaan konsorsium bernama Baims.

“Kami kemudian ambil alih, mengakuisisi proyek itu senilai Rp192 miliar. Dananya Rp 100 Miliar dukungan dari Bank BTN dan sisanya dari internal perusahaan konsorsium,” ujar Endang
 
Dalam proses akusisisi yang didukung penuh Bank BTN itu terjadi kolaborasi antara Delta Group, Kharisma Group dan Imanan Holding. Mereka sepakat membentuk perusahaan konsorsium bernama BAIMS. Dengan Komposisi pemegang saham yang sama.
 
“Kami sepakat bergabung karena punya pengalaman yang sama. Sama-sama aktif juga di organisasi pengembang. Kharisma Group dari REI, Imanan Holding dari Apersi dan Delta Group di Himperra,” tambah Arianto Prasetio, Direktur Utama Kharisma Group.
 
Dijelaskan Arianto, Kharisma Group dengan Delta misalnya saat ini juga masih punya proyek bersama di Cilegon. Demikian juga Imanan Holding yang sebelumnya sukses mengembangkan berbagai proyek perumahan di kawasan Bekasi, Cibitung dan Cikarang. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat