visitaaponce.com

Pemprov DKI Sediakan Bus Mudik Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Pemprov DKI Sediakan Bus Mudik Khusus untuk Penyandang Disabilitas
Pemudik yang menggunakan transportasi bis(MI / Adam Dwi)

DINAS Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyediakan bus angkutan umum khusus penyandang disabilitas dalam program mudik gratis pada momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Direncanakan terdapat delapan unit bus disediakan bagi pemudik khusus penyandang disabilitas.

"Mitra kami berkenaan untuk membantu bus tambahan dua unit. Sehingga total menjadi delapan unit," kata Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, di Jakarta, Selasa (16/3).

Syafrin menambahkan, jika pemudik yang dekat-dekat misalnya ke Subang dan Banten lebih baik naik bus ketimbang sepeda motor berbahaya.

Baca juga : Dishub DKI Tambah Kuota Mudik Gratis, Khusus Disabilitas Ada 6 Bus

Kalau naik bus para penumpang bisa tidur sampai kampung halaman. Namun demikian, Syafrin belum memastikan kuota dan waktu keberangkatan mudik gratis bagi penyandang disabilitas.

Menurut Syafrin, persyaratan pendaftaran untuk mudik gratis 2024 bagi penyandang disabilitas tidak jauh berbeda dengan program reguler.

"Persyaratan utama, itu disabilitas. Apa saja, itu tuna rungu, tuna wicara, dan tuna netra," ungkap Syafrin. Diberitakan sebelumnya, Dishub DKI Jakarta menggelar program mudik gratis Lebaran 2024. Kuota yang tersedia kurang lebih 18.760 orang.

Baca juga : Melebihi Kapasitas, 24 Ribu Orang Berangkat Mudik Gratis

Syafrin menjelaskan, 259 armada disediakan bagi masyarakat dengan tujuan ke 19 daerah di enam provinsi di Indonesia.

"Untuk armada bus ada 259 unit khusus yang arus mudik. Terdapat 19 Kota/Kabupaten yang menjadi tujuan mudik tersebar di enam provinsi," ujar Syafrin.

Dia melanjutkan, pendaftar mudik gratis membeludakm. Maka Dishub DKI akan menambah bus dan kuota peserta.

Selain itu, Dishub juga menyediakan 13 unit truk untuk arus mudik dan 10 untuk arus balik. Truk ini digunakan untuk mengangkut motor pemudik. Dishub DKI telah melakukan proses pemilihan penyedia. Rencananya, peserta mudik gratis 2024 akan diberangkatkan pada 4 April 2024. "Pada tanggal 3 April itu pemberangkatan truk pengangkut sepeda motor dan 4 April untuk pemberangkatan bus pengangkut penumpang," ungkap Syafrin. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat