visitaaponce.com

Heru Budi Dinilai Tak Wajib Berikan Pekerjaan Lain Untuk Para Jukir Liar

Heru Budi Dinilai Tak Wajib Berikan Pekerjaan Lain Untuk Para Jukir Liar
Rencana pemberian pekerjaan kepada juru parkir liar oleh Pj Gubernur DKI dinilai keliru.(Antara)

RENCANA Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberikan pekerjaan kepada juru parkir (jukir) liar di minimarker pekerjaan lain dinilai keliru. 

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah mengatakan pekerjaan lain untuk para Jukir ini diberikan secara langsung dari pemilik minimarket, bukan tanggung jawab pemerintah daerah.

"Itu bukan kewenangan Pemprov, tapi harusnya kewenangan pengelola minimarket karena itu lahannya milik privat. Harusnya dia (pengelola minimarket) tanggung jawab mengangkat pegawai untuk ngurusin parkir," kata Trubus saat dihubungi, Rabu (15/5).

Baca juga : Kabar Baik Buat Jukir! Heru Budi Hartono akan Beri Pekerjaan pada Juru Parkir Liar

Menurut Trubus, selama ini pengelola minimarket seolah cuek melihat keluhan masyarakat yang kerap diminta bayaran atas kendaraan yang diparkirkan di minimarket.

"Pengelola minimarket itu licik, nakal. Dia enggak mau mengangkat pegawai tukang parkir. Padahal itu harusnya tanggung jawab dia dalam konteks perlindungan kepada konsumen," tegasnya.

Seiring upaya penertiban jukir liar di minimarket, Trubus menyarankan Pemprov DKI mendesak pengelola bertanggung jawab, agar tak ada lagi pungutan tarif parkir pada masyarakat.

Baca juga : Heru Budi Bakal Beri Pekerjaan kepada Juru Parkir Minimarket yang Ditertibkan Pemprov DKI

"Dia (pengelola minimarket) kan punya konsumen. Kalau enggak mau tanggung, ya sudah diimbau saja supaya masyarakat jangan belanja di minimarket, bangkrut mereka," ungkap Trubus.

Sebelumnya, Heru Budi mengaku akan memberikan pekerjaan baru bagi para juru parkir liar di minimarket setelah ditertiban memungut biaya parkir.

"Itu salah satu problem yang harus diatasi. Ya, pelan-pelan kita lihat, kita berikan juga, kalau bisa, pekerjaan kepada mereka," ungkap Heru, beberapa waktu lalu.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat