visitaaponce.com

Pilgub Jakarta Jadi Tolak Ukur Bagi Setiap Parpol

Pilgub Jakarta Jadi Tolak Ukur Bagi Setiap Parpol
Pekerja tengah merangkai wahana hiburan rakyat di area Pasar Malam di Silang Monas, Jakarta(MI / Usman Iskandar)

PENGAMAT politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, mengatakan Jakarta tetap punya daya pikat untuk terus diperebutkan oleh setiap partai politik dalam Pilkada 2024.

“Jakarta selalu seksi untuk terus diperebutkan oleh setiap parpol untuk menang. Karena bagaimanapun Jakarta adalah epicentrum dan akan selalu menjadi barometer bagi setiap partai untuk mengukur politik mereka,” ujar Adi kepada Media Indonesia, Minggu (23/6).

Hal tersebut dikatakan Adi terjadi karena Jakarta sebagai wajah depan dari Indonesia. 

Baca juga : HUT Ke-497 DKI Jakarta, Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Berikan Penawaran Menarik 

“Karena Jakarta ini adalah wajah depan dari Indonesia. Segala apapun yang terjadi di Jakarta itu pasti mendapat ekspose,” tambahnya.

Adi juga menyebut Jakarta selalu menjadi epicentrum atau barometer setiap partai karena gubernur di Jakarta sangat memu gkinkan untuk naik kelas ke pemimpin nasional.

Menurutnya, ada kecenderungan gubernur DKI Jakarta untuk naik level dan menjadi presiden. Hal itu dibuktikan oleh Joko Widodo (Jokowi), dan menang sebagai presiden. Lalu, ada Anies Baswedan jadi calon presiden meski kalah dalam pilpres 2024.

“Buktinya ada kecenderungan bahwa jadi gubernur DKI itu adalah sebagai cara untuk menyusun batu bata politik menuju perpolitikan nasional. Jadi wajar Jakarta selalu jadi rebutan,” tandas Adi. (Ykb)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat