visitaaponce.com

Dishub Bandung Barat Adakan Pengecekan Kendaraan Gratis

Dishub Bandung Barat Adakan Pengecekan Kendaraan Gratis
Ilustrasi pengecekan kendaraan sebelum mudik.(MI/AGUS MULYAWAN)

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat membuka jasa pengecekan kondisi kendaraan untuk masyarakat. Pelayanan itu diberikan untuk memastikan kondisi mobil kembali prima sebelum dibawa mudik ke kampung halaman.

Pelayanan pengecekan dan pemeriksaan kendaraan roda empat secara gratis tersebut akan dibuka mulai dari 12-18 April di UPTD Uji KIR Dishub yang berada di Tagog Apu Padalarang.

"Kami buka pelayanan pengecekan kondisi kendaraan pribadi untuk masyarakat yang hendak melaksanakan perjalanan mudik lebaran. Pelaksanaan dimulai tanggal 12 April," kata Kepala Dishub Bandung Barat, Fauzan Azima, Rabu (5/4).

Baca juga: Ini Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Dalam pengecekan kondisi kendaraan tersebut, lanjut dia, petugas bakal memeriksa seluruh kondisi kelaikan kendaraan mulai dari accu, rem, oli, kondisi ban dan lain sebagainya.

"Seluruh badan kendaraan akan dicek, jika ada kerusakan kita kasih rekomendasi sparepart apa yang harus diganti. Gantinya nanti di bengkel, jadi kita hanya mendiagnosa awal saja," ujarnya.

Pihaknya belum dapat memastikan apakah saat pengecekan dan pemeriksaan mendatang akan membatasi jumlah kendaraan atau tidak, sebab hal itu tergantung situasi di lokasi.

Baca juga: Selama Ramadan TAF Tawarkan Paket Promo Spesial Pembelian Kendaraan

"Kita lihat situasi, kalau misalnya tanggal 12 penuh, kita atur, jika normal ya biasa saja, enggak ada pembatasan. Pemilik mobil tinggal datang langsung ke lokasi pengecekan," ucap Fauzan.

Fauzan menyatakan, pengecekan kondisi kendaraan terbuka untuk seluruh masyarakat, termasuk dari luar wilayah Bandung Barat. "Jika masuk bengkel kan, pemilik mobil harus mengeluarkan uang antara Rp 100 ribu hanya untuk pengecekan, tapi ini gratis. Semua kendaraan dari berbagai daerah dibolehkan," tuturnya.

Dengan begitu, dirinya berharap, kendaraan baik yang dibawa mudik maupun untuk perjalanan jauh bisa lebih nyaman saat dalam perjalanan, serta disamping itu dapat menekan angka risiko kecelakaan di jalan raya.

"Setelah ini, nanti kita turun melaksanakan ramp check kendaraan besar seperti bus saat cuti libur lebaran di beberapa titik," jelasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat