visitaaponce.com

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Buruk saat Arus Mudik

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Buruk saat Arus Mudik
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Fachri Radjab meminta masyarakat mewaspadai terjadinya potensi hujan di beberapa wilayah di Indonesia selama masa arus mudik lebaran.

"Untuk periode angkutan lebaran arus mudik 2023, perlu diwaspadai hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di beberapa daerah,” ujar Fachri dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (8/4).

Sejumlah daerah yang berpotensi mengalami cuaca buruk meliputi Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua. Selain itu, beberapa wilayah juga diperkirakan akan mengalami hujan meski tidak terlalu lebat. Daerah-daerah itu meilputi Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan juga Papua.

Baca juga: BMKG: Bencana Hidrometeorologi Basah Masih Berpotensi di Sejumlah Daerah

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo juga meminta masyarakat yang akan mudik melalui jalur laut untuk mewaspadai gelombang tinggi.

"Perlu waspada untuk menghindari pelayaran di sekitar perairan sebelah barat Sumatra, sebelah selatan Jawa hingga Nusa Tenggara. Perairan di sebelah utara Papua juga harus dihindari, untuk tidak dipakai atau digunakan untuk aktivitas pelayaran," kata Eko.

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Waspada Dua Bibit Siklon di Wilayah Indonesia

Eko Prasetyo menambahkan BMKG akan terus memberikan informasi cuaca dan ketinggian gelombang terbaru setia hari. Publik pun diminta untuk terus memantau perkembangan cuaca terkini sebelum melakukan perjalanan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat