visitaaponce.com

Jadi Daerah Transit, Tuban Rentan Penularan Covid-19

Jadi Daerah Transit, Tuban Rentan Penularan Covid-19
Ilustrasi(DOK MI)

TINGGINYA kasus positrif Cobid-19 di Tuban, Jawa Timur disebabkan beberapa faktor. Salah satunya, karena Tuban menjadi daerah transit yang dilintasi jalan arteri provinsi dan nasional dengan intensitas lalu lintas padat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein. Menurutnya penyebaran Covid-19 akibat munculnya klaster baru disebabkan tingginya mobilitas dan aktivitas warga.

"Mulai yang menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Penularan Covid 19 berasal dari satu orang yang kemudian menyerang ke anggota keluarga lain. Ini menjadi keadaan darurat yang harus disikapi bersama-sama,� ungkapnya , Rabu (2/9).

Pemkab Tuban, kata dia juga telah melakukan sejumlah langkah. Antara lain, pencabutan pembatasan jam malam dilakukan setelah dilakukan evaluasi dan Kabupaten Tuban kembali berstatus Zona Orange.

Wabup juga menambahkan saat ini RSUD Koesma telah memiliki alat pemeriksaan Covid-19 atau PCR. Dengan kesiapan alat ini, diharapkan bisa mempercepat proses analisis terhadap pemeriksaan Covid-19.

"Alat tersebut sudah dapat digunakan namun ijin mengeluarkan hasil pemeriksaan tetap dipantau Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP)," pungkasnya. (R-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat