visitaaponce.com

Ratusan Tenaga Kesehatan di Cirebon Terpapar Covid-19

Ratusan Tenaga Kesehatan di Cirebon Terpapar Covid-19
Tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 di Kota/Kabupaten Cirebon mencapai 22o orang.(MI/Ramdani)

TERCATAT dua orang tenaga kesehatan (nakes) asal Kota Cirebon meninggal dunia karena covid-19. Sedangkan di Kabupaten Cirebon, covid-19 juga merenggut seorang nakes. Total nakes yang terkonfomasi positif Covid di Cirebon 220 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto menjelaskan di Kota Cirebon saat ini ada 70 nakes yang terkonfirmasi positif covid-19. "Dari jumlah itu, dua orang meninggal dunia," ungkap Edy, Rabu (11/11).  

Pertambahan covid-19 di Kota Cirebon saat ini menurut Edy cukup mengkhawatirkan. Hari ini saja terjadi penambahan hingga 18 orang. Sedangkan akhir pekan lalu ada 46 orang.

"Kesiapsiagaan tinggi diterapkan untuk nakes di Kota Cirebon," ungkap Edy.

Untuk tenaga medis, lanjut Edy, tracing, testing, isolating dan treatment tetap dilakukan. Apalagi saat ini semua sudah serba terbuka, sehingga sangat rentan terjadi transmisi di antara warga.

"Kita menyebutnya fenomena pingpong,"ungkap Edy. Untuk itu, tenaga medis juga diminta untuk berhati-hati.

Sementara itu dari Kabupaten Cirebon dilaporkan sudah ada 150 nakes yang terpapar covid-19. "Nakes yang meninggal karena covid-19 ada satu orang," ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni.

Yaitu nakes yang ada di Puskesmas Karangsari. Saat ini, lanjut Enny, pihaknya telah mengajukan pemberian penghargaan dan tunjangan untuk nakes yang telah berjuang melawan covid-19 di Kabupaten Cirebon.

Esok, lanjut Enny, dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) mereka akan melakukan swab kepada semua nakes. Selanjutnya, pelaksaan tes usap untuk nakes juga akan dilakukan sebulan sekali dari sebelumnya tiga bulan sekali. (OL-13)

Baca Juga: Disiplin Prokes Kendor Muncul Klaster Keluarga di Kalteng

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat