visitaaponce.com

400 Lebih Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

400 Lebih Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir
Banjir genangi ratusan rumah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat(Antara)

RATUSAN rumah di Kabupaten Cirebon terendam banjir. Sejumlah warga sempat mengungsi karena air yang masuk ke rumah cukup tinggi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, ratusan rumah di dua desa di Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon terendam banjir. Masing-masing di Desa Susukan sebanyak 336 rumah dan di Desa Bojong Kulon sebanyak 100 rumah yang terdampak banjir.

"Banjir terjadi akibat limpasan Sungai Uwanganayam," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Alex Suheriyawan, Selasa (29/12).

Selain itu rumah yang terendam banjir, sebanyak 650 jiwa di Desa Susukan dan 580 jiwa di Desa Bojong Kulon terdampak.

Bahkan, lanjut Alex, sebanyak 15 jiwa di Desa Bojong Kulon terpaksa harus mengungsi karena air yang masuk ke rumah cukup tinggi. "Tapi saat ini mereka sudah kembali ke rumah masing-masing," ungkap Alex. Bahkan di Desa Bojong Kulon saat ini air sudah surut. Sedangkan di Desa Susukan, ketinggian air masih sekitar 30-40 cm. Selain rumah warga, banjir juga merendam fasilitas umum di kedua desa tersebut, yaitu dua SD.

Selain di Kecamatan Susukan, banjir juga terjadi di Desa Kebarepan, Kecamatan Plumbon. Banjir merendam 29 rumah di desa tersebut dengan 171 jiwa terdampak. Di Kecamatan Mundu, tepatnya di Desa Suci, air merendam rumah warga dengan 240 jiwa di perumahan Mundu Regency terdampak.

Alex menjelaskan, banjir yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi dalam waktu yang juga lama. "Sehingga air sungai meluap dan masuk ke rumah warga," ungkap Alex.

Selanjutnya Alex meminta kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan ini. (OL-13)

Baca Juga: Kota Padang Dibanjiri Wisatawan Libur Akhir Tahun 2020

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat