visitaaponce.com

Cegah Longsor Pemkab Brebes Tanam Bibit Kopi di Lereng Gunung Slam

Cegah Longsor Pemkab Brebes Tanam Bibit Kopi di Lereng Gunung Slam
Penanaman bibit kopi di lereng Gunung Slamet di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kamis (28/1).(MI/Supardji Rasban )

MENCEGAH terjadinya longsor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah bekerja sama dengan Kodim 0713/Brebes dan masyarakat sekitar, menanam bibit kopi secara massal. Penanaman bibit kopi dilakukan di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog.

Bupati Brebes, Idza Priyanti menyampaikan penghijauan di lereng Gunung Slamet itu untuk mencegah bencana alam tanah dengan mengembalikan fungsi hutan Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pekalongan Barat dan hutan masyarakat.

"Selain yang utama mencegah terjadinya longsor hasilnya juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat karena yang ditanam jenis pohon produksi yaitu bibit kopi arabika Gayo Aceh" ujar Idza, Kamis (28/1).

Idza menyebut penanaman biji kopi secara massal merupakan pengembangan sekaligus peremajaan hutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bermukim di sekitar hutan. "Karena memang banyak tanah di sekitar kawasan lereng Gunung Slamet yang gundul," terang Idza.

Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, sangat mendukung upaya Perhutani KPH Pekalongan Barat dan Pemkab Brebes dalam meremajakan lereng Gunung Slamet seluas 350 hektare tersebut. Penghijauan ini akan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun untuk menanggulangi bencana alam tanah longsor," jelas Haikal.

Ia meminta masyarakat ikut menjaga bibit pohon yang telah ditanam, karena masyarakat setempat dan sekitarnya juga yang nantinya akan ikut menikmati hasilnya. Termasuk bisa ikut menggarap lahan Perhutani," kata Haikal. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat