visitaaponce.com

Kota Payakumbuh Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kota Payakumbuh Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi(ANTARA)

PENDIDIKAN merupakan hal penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Kualitas pendidikan yang baik akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang pada gilirannya akan membawa kemajuan bagi sebuah bangsa.

Hal itulah yang diyakini Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi. Wali Kota Payakumbuh sejak 23 September 2012 ini menjadikan sektor pendidikan sebagai fokus utama dalam program kerja yang dijalankan.

Dalam periode awal menjadi wali kota, Riza mengakui langsung membenahi sektor pendidikan. Ia mengaku sering melakukan kunjungan ke sekolah, madrasah, dan menjadi pembicara di berbagai lembaga pendidikan dan tidak segan-segan menegur guru dan kepala sekolah yang mengajar asal-asalan. Dengan berbagai pembenahan yang dilakukan, jelas Riza, Payakumbuh bisa menyandang predikat nomor satu di bidang pendidikan di Sumbar.

"Capaian ini menggembirakan. Dengan tekad yang kuat dan bantuan dari semua pihak, Payakumbuh bisa menjadi nomor satu di bidang pendidikan. Bahkan saya pernah menaikkan anggaran pendidikan sampai 37%," ungkap Riza dalam keterangan yang diterima Jumat (23/4).

Selain sektor pendidikan, menurut, Riza yang juga fokus digarap adalah infrastruktur. Saat ini, jalan utama, jalan kampung, trotoar dan fasilitas umum lainnya di Kota Payakumbuh sudah bagus.

"Lebih dari 90% jalanan beraspal licin dan mulus. Yang belum dan masih ada sedikit masalah adalah jalan provinsi dan jalan nasional karena untuk memperbaikinya, anggarannya dari pusat, bukan dari daerah. Jadi saya tidak mempunyai kewenangan untuk menggelontorkan anggarannya. Namun demikian saya tetap berusaha agar yang rusak diperbaiki," jelasnya.

Berbagai kemajuan yang didapat membuat Riza banyak mendapat penghargaan. Diakui Riza, penghargaan-penghargaan yang diterima yang membuatnya senang. "Penghargaan hanya pengakuan bahwa kinerja saya dihargai dan diakui. Yang lebih penting adalah niat dan kemauan yang ikhlas untuk mensejahterakan rakyat," tuturnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat