visitaaponce.com

Landasan Bandara Samarinda Amblas, Pesawat Batik Air Batal Terbang

Landasan Bandara Samarinda Amblas, Pesawat Batik Air Batal Terbang
Ilustrasi pesawat Batik Air yang bersiap mengangkut penumpang.(Antara)

MASKAPAI Batik Air membatalkan penerbangan pesawat udara jenis Airbus 320-200 registrasi PK-LAQ pada Selasa (5/10) ini di Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur.

"Batik Air menerima konfirmasi, bahwa landas gelinding dimaksud harus dilakukan pengecekan, karena kondisi amblas," ungkap Corporate Communications Strategic Batik Air Danang Mandala dalam keterangan resmi, Selasa (5/10).

Adapun penerbangan pesawat ID-6257 dijadwalkan berangkat pukul 15.15 WITA. Lalu, diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, pada pukul 16.20 WIB.

Baca juga: Lion Air Group Buka Rute Perdana di Bandara Purbalingga

Danang menjelaskan kronologi gagalnya penerbangan tersebut. Pesawat udara PK-LAQ mulai bergerak menuju runway (landas pacu) melalui taxiway (landas hubung). Ketika berada tepat (posisi sempurna sesuai jalur) di taxiway, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan.

"Ini dikarenakan struktur permukaan aspal pada landas hubung seperti tidak normal. Pilot berkomunikasi dengan petugas lalu lintas udara, serta petugas layanan darat (ground handling) untuk melakukan pengecekan," imbuhnya.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Buka Penerbangan Internasional, Wisman Wajib Karantina

Untuk mempermudah proses pergerakan posisi pesawat ke apron (landas parkir) dengan cara didorong, seluruh penumpang dan kargo diturunkan. Adapun penumpang berjumlah 103 orang dikembalikan ke ruang tunggu untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

"Hingga kini, selama proses pengecekan dan perbaikan landas hubung, tidak ada penerbangan yang beroperasi untuk fase lepas landas dan mendarat," pungkas Danang.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat