visitaaponce.com

Januari 2022 Kalimantan Selatan Dilanda 11 Kali Banjir

Januari 2022 Kalimantan Selatan Dilanda 11 Kali Banjir
Petugas Tagana Kalsel memasak makanan untuk korban terdampak banjir di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Jumat (14/1/2022).(Antara/Bayu Pratama S.)

KONDISI cuaca buruk hujan dan angin kencang masih terus melanda 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel mencatat sepanjang Januari 2022 terjadi 11 kali bencana banjir dan lima kali tanah longsor.

Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat, dalam laporan kebencanaannya, Rabu (2/2), mengatakan cuaca buruk yang dapat menyebabkan bencana banjir, tanah longsor, angin kencang masih menjadi ancaman di Kalsel. Selain banjir dan tanah longsor, BPBD Kalsel juga mencatat sepanjang Januari 2022 terjadi 18 kali peristiwa angin kencang.

Puluhan kejadian bencana ini menyebabkan 5.968 warga terdampak bencana, 3.727 mengungsi, dan 3 orang meninggal dunia. Sebanyak 2.651 rumah terendam banjir, 66 rumah rusak, serta 6 sekolah dan 8 tempat ibadah juga mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Kejadian bencana ini merata terjadi di 13 kabupaten/kota di Kalsel. Bencana lain berupa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta kebakaran permukiman juga menjadi ancaman. "Untuk kebakaran hutan dan lahan tercatat seluas 16 hektare," ujarnya.

Terkait mitigasi dan penanganan bencana di lapangan yang sering kali tidak optimal akibat panjangnya birokrasi dan aturan kewenangan antarlembaga, Pemprov Kalsel tengah merancang Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Penanggulangan Bencana guna mempermudah penanganan bencana di lapangan.

Baca juga: Kapal Wisatawan Asal Kanada Karam di Perairan Lingga Kepri

Memasuki awal Februari 2022 sejumlah peristiwa bencana seperti angin kencang, karhutla, dan kebakaran permukiman juga terjadi di sejumlah wilayah Kalsel. BMKG Kalsel memprediksi kondisi cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin dan petir masih akan terus terjadi baik di wilayah daratan maupun perairan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat