visitaaponce.com

Polda Kalsel Ringkus Pelaku Penyimpangan BBM Solar

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Kalimantan Selatan berhasil membongkar aksi penyimpangan BBM jenis solar bersubsidi di sejumlah wilayah di provinsi tersebut. Polisi menangkap delapan orang pelaku dengan barang bukti BBM solar subsidi sebanyak 3 ton lebih.

Kapolda Kalsel, Irjen Rikwanto,  Selasa (5/4) mengatakan pihaknya melalui Ditreskrimsus Polda Kalsel, berhasil mengamankan para tersangka di wilayah hukum Polres Hulu Sungai Selatan, Polres Hulu Sungai Tengah, dan Polres Balangan. Keberhasilan ini berkat sistem monitoring dan
pengawasan ketat distribusi BBM bersubsidi di Kalsel.

Dalam kasus ini polisi menangkap 8 orang pelaku penyimpangan BBM solar subsidi dan menyita 3.075 liter solar sebagai barang bukti, senilai Rp14 juta lebih. Ke delapan pelaku yang ditangkap berinisial AS, DA, BU, SA, RS, HY, SU, dan AR.

Modus yang dipakai para pelaku adalah melakukan pengisian secara berulang-ulang (melangsir) di SPBU untuk dijual kembali melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah. "Pada saat melakukan pengisian di SPBU para pelaku menggunakan jerigen dan drum
kosong, bahkan mobil yang telah di modifikasi tangkinya," ujarnya.

Selain mengamankan 3 ton lebih solar, polisi juga menyita barang bukti lainnya berupa mobil dan truck lengkap dengan STNK, Struck pembelian, Jerigen, Drum, Tangki modifikasi, Pompa air, dan Uang tunai.

Pantauan Media Indonesia, antrian panjang truk dan mobil untuk membeli  solar bersubsidi di SPBU terjadi di sejumlah wilayah Kalsel. Kelangkaan solar yang terjadi sejak beberapa waktu terakhir telah memicu aksi demo para sopir di Kalsel. Kondisi ini juga dinilai ikut mempengaruhi kenaikan harga barang dan kebutuhan pokok di Kalsel. (OL-13)

Baca Juga: Jerman Terancam Hadapi Resesi Tajam Jika Rusia Hentikan Impor Minyak dan Gas

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat