visitaaponce.com

Sampan Terbalik Dihantam Ombak, 10 Nelayan Berhasil Selamat

Sampan Terbalik Dihantam Ombak, 10 Nelayan Berhasil Selamat
Personel dari Pos SAR Buleleng saat melakukan penyelamatan sampan yang terbalik di perairan Buleleng, Bali, Jumat (1/7).(MI/RUTA SURYANA)

SEBUAH sampan dengan panjang 12 meter bertanda tulisan Sekarwangi I terbalik di Perairan Utara Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali, Jumat (1/7), sekitar pukul 05.00 Wita.

Perahu yang berlayar hendak menuju rumpon untuk mengangkat jaringan ikan, namun tiba-tiba dihantam ombak hingga terbalik.

Menurut keterangan saksi mata, para korban berusaha bertahan dengan berpegangan pada sampan yang terbalik. Nelayan setempat langsung
memberangkatkan delapan orang untuk memberikan pertolongan.

Selang beberapa waktu, tim di darat kembali tidak bisa menghubungi delapan orang tersebut. Selanjutnya mereka meminta bantuan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali).


Baca juga: Sulteng Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak


"Informasi kejadian diperoleh Basarnas Bali pada pukul 11.25 Wita dari Widiarsa, yang menyebutkan korban itu masih mengapung-apung dan ia tidak bisa langsung memberikan pertolongan karena sampannya berukuran kecil dan cuaca tidak bersahabat," ujar Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada.

Selanjutnya, Basarnas Bali menggerakkan personel dari Pos SAR Buleleng dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB) yang bertolak dari
Pelabuhan Celukan Bawang.

"Personel yang onboard di RIB ada sebanyak 4 orang rescuer, area pencarian sesuai dengan keterangan dari saksi mata," jelas Darmada.

Pada pukul 15.10 Wita tim SAR gabungan berhasil menemukan korban sampan terbalik dan semuanya dalam keadaan selamat. Para korban diselamatkan sampan Sekarwangi II dan sampan Sandat Bali pada koordinat  7°44'00.92"S-115°17'02.55"T.

Sampan Sekarwangi I berhasil dibalikkan ke posisi semula dan mereka melanjutkan penarikan jaring ikan. Usai memastikan kondisi aman, RIB kembali ke Pelabuhan Celukan Bawang. (S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat