visitaaponce.com

Jumlah Hotspot di Babel Berkurang

Jumlah Hotspot di Babel Berkurang
Ilustrasi(DOK MI)

JUMLAH titik panas atau hotspot yang diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bangka Belitung (Babel) jauh berkurang kendati saat ini cuaca kondisi panas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka  Belitung (Babel) Mikron Antariksa mengatakan, sejak Kamis (11/8) hingga Sabtu (13/8) jumlah titik panas diatas 50.

"Kamis ada 80 an titik panas, Jumat dan Sabtu juga. Tapi Minggu (14/8) dan hari ini berkurang terdeteksi satelit hanya 13 titik," kata Mikron, Senin (15/8).

Ke-13 titik panas itu, dijelaskan Mikron berada di Kabupaten Bangka,  Bangka Barat, Bangka Selatan dan Bangka Tengah. "Pangkalpinang, Belitung dan Belitung timur hari jni aman titik panas hanya terdeteksi di empat kabupaten saja," ujarnya.

Ia menyebutkan sebar titik panas yang ada di Babel berstatus warna kuning dengan kategori sedang atau medium. "Tidak ada merah dengan kategori tinggi," ungkap dia.

"Memang mengarahnya ke karhutla. Mengingat cuaca saat jni panas sekali dan angin kecang sehingga potensi karhutla tinggi sekali," imbuhnya.

Dengan kondisi cuaca seperti saat ini pihaknya menghimbau masyarakat yang tinggi di kawasan hutan untuk waspada. Selain itu pihaknya juga meminta masyarakat tidak membakar sampah atau membuka kebun dengan cara membakar.

"Kalau untuk bakar sampah sebenarnya tidak masalah asalkan di tunggu tapi kalau bukan kebun dengan cara bakar itu dilarang dan dapat di pidana jika merambah ke karhutla," jelasnya.

Selain itu, lanjut mikron saat cuaca panas dan angin kencang seperti sekarang ini. Pengendara baik itu roda dua maupun roda empat untuk tidak membuang putung rokok yang masih ada bara api sembarangan karena bisa mengakibatkan kebakaran.

"Kondisi ilalang dan rerumputan saat ini kering. Sehingga jika ada putung rokok yang ada bara api dibuang sembarangan. Berpotensi membakar ilalang atau rerumputan,"ucap dia. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat