visitaaponce.com

Warga Dua Kelurahan di Palu Mengungsi Akibat Banjir

Warga Dua Kelurahan di Palu Mengungsi Akibat Banjir
Personel TNI dan Polri mengevakuasi sepeda motor warga yang terendam banjir di Kampung Baru di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (6/9).(ANTARA/Mohamad Hamzah)

SEJUMLAH warga di Kelurahan Baru dan Kelurahan Ujuna, Palu, Sulawesi Tengah, terpaksa harus mengungsi ke tempat aman akibat rumah mereka dilanda banjir, Selasa (6/9). Tidak ada korban luka, jiwa, dan kerusakan dalam banjir itu.

Banjir yang terjadi di dua kelurahan bertetangga ini akibat luapan Sungai Palu.

Ketinggian airnya pun terus meningkat seiring curah hujan yang deras.

Salah satu warga Kelurahan Baru, M Suparman, mengatakan, hujan deras melanda Palu sejak Senin (5/9) malam hingga Selasa pagi mengakibatkan volume air Sungai Palu yang memanjang di Kelurahan Baru sampai Kelurahan Ujuna meluap.


Baca juga: Tarif Angkot di Bandung Barat Diusulkan Naik 30 Persen


"Karena luapan itu, banjir kemudian masuk ke rumah-rumah warga," terangnya ditemui di lokasi banjir Kelurahan Baru, Selasa.

Menurut Suparman, ketinggian air mencapai 30 sentimeter dan berpotensi meningkat karena hujan masih terus turun.

"Makanya sejumlah warga di Kelurahan Baru dan Kelurahan Ujuna mengungsi ke tempat-tempat aman," tandasnya.

Selain warga mengungsi ke tempat keluarga dan kerabat yang aman, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu juga telah membuat posko siaga bencana di sekitar dua kelurahan tersebut.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Palu mengeluarkan peringatan dini adanya hujan lebat yang berpotensi mengakibatkan banjir di wilayah Sulteng sejak Senin (5/9).

Palu sendiri termasuk wilayah yang diminta untuk siaga. Sementara status waspada diberikan kepada 12 kabupaten di Sulteng. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat