visitaaponce.com

Mahfud tegaskan Pentingnya Jaga Kedaulatan di Wilayah Natuna

Mahfud tegaskan Pentingnya Jaga Kedaulatan di Wilayah Natuna
Menkopolhukam Mahfud MD(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

UPAYA menjaga kedaulatan Indonesia atas Natuna sangatlah penting untuk mencegah terhadap ancaman infiltrasi kekuatan asing. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

“Untuk menjaga Kedaulatan Indonesia, pemerintah telah menugaskan Badan Keamanan Laut (Bakamla RI) yang bertugas melaksanakan Patroli keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia,” tegas Mahfud di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Mahfud, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan, bahwa Natuna merupakan bagian integral dari wilayah kedaulatan Indonesia.

Baca juga: Kebijakan Jokowi Dorong Percepatan Hak Masyarakat atas Kepemilikan Tanah

Natuna yang terletak di Laut Natuna Utara, yang menurut versi Tiongkok sebagai Laut China Selatan, mengandung kekayaan bahan mineral seperti gas dan minyak bumi.

Perairan Laut Natuna Utara juga kaya ikan dan menjadi lalu lintas pelayaran perdagangan. Posisi yang strategis dan kekayaan sumber daya alam yang melimpah membuat Kepulauan Natuna menarik perhatian kekuatan asing.

"Selain itu ada peran diplomasi yang terus kita sampaikan kepada negara tetangga misalnya China (Tiongkok) bahwa sejatinya Kawasan Natuna adalah milik Indonesia," ujar Prof Mahfud. (RO/OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat