visitaaponce.com

Banyumas Dan Cilacap Siaga Bencana Hidrometeorologi

Banyumas Dan Cilacap Siaga Bencana Hidrometeorologi
Ilustrasi(Medcom)

BENCANA hidrometeorologi melanda 75 titik di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng). Rinciannya 65 peristiwa tanah longsor dan 10 banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Budi Nugroho 65 kejadian longsor dan 10 peristiwa banjir luapan akibat hujan deras sejak Rabu (12/10) hingga Kamis (13/10).

"Tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir dan longsor. Namun, banyak warga yang terdampak. Sampai sekarang masih dilakukan asesmen terhadap wilayah-wilayah yang dilanda bencana," jelasnya.

Sementara pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan sejumlah wilayah di Jateng selatan masih terancam  cuaca ekstrem.di antaranya adalah Cilacap, Banyumas, Purworejo, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo. "Masih ada potensi hujan lebat yang bisa mengakibatkan banjir dan longsor,"katanya.

Dua kabupaten yang harus siaga adalah Banyumas, Purbalingga dan Cilacap. Di Cilacap, kecamatan yang harus siaga adalah Cilacap Selatan, Kampung Laut, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Adipala, Binangun, Kroya, Maos, Sampang, Kesugihan, Jeruklegi, Kawunganten, Bantarsari, Patimuan, dan Gandrungmangu.

Sedangkan kecamatan-kecamatan di Cilacap yang harus siaga adalah Kemranjen, Jatilawang, Wangon, Sumbang, Kembaran, Sokaraja, Kalibagor, Somagede, Banyumas, Purwokerto Selatan, Patikrajadan Kebasen. Selain itu Karanglewas, Cilongok, Purwokerto Barat, Kedung Banteng, Baturraden, Purwokerto Timur,  Purwokerto Utara, Ajibarang, Pekuncen, Gumelar, Purwojati.

Sedangkan di Purbalingga, kecamatan yang wajib siaga adalah Kemangkon, Bukateja, Karanganyar, Kaligondang, Purbalingga, Mrebet, Bojongsari, Padamara, Kalimanah, Kutasari, Karangjambu, Karangreja, Bobotsari dan Kertanegara. Tiga kabupaten lain yang harus waspada adalah Purworejo, Kebumen, Banjarnegara dan Wonosobo. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat