visitaaponce.com

KMAN VI, Masyarakat Adat Majene Bawa Misi Perlindungan Komunitas Masyarakat Adat

KOMUNITAS Masyarakat Adat Majene, Sulawesi Barat tiba di Jayapura, Papua Sabtu (22/10) untuk mengikuti Kongres Masyarakat Adat Nusa Negara Keenam (KMAN VI), yang akan berlangsung 24-30 Oktober 2022 di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) AMAN Majene Aco Bahri Mallilingan mengatakan, pihaknya jauh-jauh datang dari Kabupaten Majene, Sulawesi Barat ke Papua, untuk mengikuti KMAN VI dengan tujuan memperkuat Komunitas Masyarakat Adat Majene. 

"Kami datang mengikuti KMAN VI ini agar kami bisa berkolaborasi bersama masyarakat adat se- Nusantara, untuk terus mengawal usulan rancangan peraturan daerah atau Raperda tentang Perlindungan Komunitas Masyarakat Adat Majene," katanya.

Baca juga : Pembukaan KMAN VI di Tanah Tabi akan Diisi Pawai Budaya dan Ritual Penyerahan Tanah

Pria yang akrab disapa Aco itu menjelaskan, saat ini komunitas masyarakat adat Majene sedang mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), guna melindungi kmunitas masyarakat adat Majene. Sehingga mereka sangat mengharapkan dukungan dari semua masyarakat adat se- Nusantara agar bersama-sama mengawal Raperda ini hingga terwujud.

Selain itu, Aco menambahkan, masyarakat adat adalah komunitas yang sudah ada sebelum Negara ada, sehingga keberadaan mereka harus di akui dan dilindungi oleh Undang-Undang di Negara ini. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat