visitaaponce.com

Tim UP Dampingi Pengelolaan Limbah Berbasis Bank Sampah di Jepara

Tim UP Dampingi Pengelolaan Limbah Berbasis Bank Sampah di Jepara
Tim dosen dan mahasiswa UP menggelar kegiatan Green Circular Economy Solusi Pengendalian Pencemaran Lingkungan di Jepara, Jateng.(Ist)

TIM dosen dan mahasiswa Universitas Pancasila (UP) menggelar kegiatan pemberdayaan dan pendampingan masyarakat dengan topik Green Circular Economy Solusi Pengendalian Pencemaran Lingkungan di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan kegiatan program matching fund (Kedaireka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) 2022.

Tim juga memberikan pelatihan bagaimana mengelola sampah melalui bank sampah dan memberikan pelatihan mengolah limbah sisa makanan untuk budidaya maggot BSF dan pencacahan sampah plastik.

Baca juga : Kampung TEMPE di Tangerang Berdayakan Ekonomi Masyarakat Melalui Sampah

Pelatihan pengelolaan bank sampah dilaksanakan mulai 8 Agustus 2022 hingga 15 Desember 2022 di Desa Tempur yang difasilitasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), serta Pemerintah Desa Tempur sebagai mitra UP.

Kegiatan ini dapat terlaksana karena adanya pendanaan program matching fund (Kedaireka) dari Kemendikbudristek yang bekerja sama untuk tahun pelaksanaan 2022.

Sebagai Ketua Tim dari UP dalam kegiatan ini yakni Dr.Budhi M Suyitno IPU yang juga Dekan Fakultas Teknik UP.

Baca juga : Kembangkan Pengelolaan Sampah, ITPLN Kolaborasi dengan PLN dan Pemda

Budhi M Suyitno menjelaskan dalam kegiatan pengelolaan bank sampah terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti survei kondisi eksisting pengelolaan sampah, pengukuran laju timbulan sampah, sosialisasi dan pendampingan dalam pembentukan Bank Sampah Induk Desa Tempur.

Selain itu, kegiatan lainnya adalah sosialisasi dan pelatihan budidaya Maggot BSF yang akan diolah jadi pakan ternak. 

"Pada kegiatan ini pun diadakan sosialisasi dan pelatihan guna mendaur ulang sampah plastik melalui kegiatan pencacahan sampah plastik, dan terbentuk Bank Sampah Induk Desa Tempur dengan nama Bank Sampah Tempur Berseri," terang Budhi melalui keterangan resmi yang diterima, Sabtu (12/11).

Baca juga : Amandina Bumi Nusantara Sukses Terapkan Ekonomi Sirkular di Indonesia

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Desa Tempur Mariyono A MA. Ia menyampaikan masalah pengelolaan sampah di Desa Tempur dapat diatasi melalui konsep Green Circular Economy yang akan meningkatkan nilai dari sampah. 

"Kami berterima kasih kepada Universitas Pancasila sebagai mitra dalam pelaksanaan pengelolaan sampah dan diharapkan dapat menjalin kerjasama dalam bidang lainnya," tutur Mariyono.

Senada dengan hal itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara yang diwakili Duddy Ika Kurniawan S Sos mengapresiasi Universitas Pancasila sangat baik, melalui kegiatan matching fund sebagai realisasi program desa mandiri sampah.

Baca juga : Program Hero dan FoodCycle Farm Berkolaborasi Kelola Limbah Organik

Duddy menambahkan Universitas Pancasila bahkan mempersiapkan naskah kebijakan pengelolaan sampah guna menunjang keberlanjutan kegiatan desa mandiri di Desa Tempur.

“Pengelolaan sampah melalui bank sampah merupakan salah satu metode yang dapat diaplikasikan seluruh elemen masyarakat untuk mengurangi laju timbulan limbah yang dikirim ke TPA," jelas Budhi.

"Melalui bank sampah, pihak pemerintah desa juga dapat memperoleh transfer ilmu pengetahuan untuk mengolah sampah jadi produk yang memiliki nilai ekonomi lebih baik, misalnya dengan menerapkan budidaya maggot BSF untuk mengolah limbah sisa makanan yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak,” tutur Budhi.

Tim Universitas Pancasila pada kegiatan ini melibatkan dosen dan 8 mahasiswa dari program studi seperti Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur dan Pariwisata. Kegiatan matching fund ini juga melibatkan dosen seperti Dino Rimantho, I Nyoman Teguh Prasidha, Vector Anggit Pratomo, Gunady Haryanto, dan Nungky Puspita. 

Keterlibatan mahasiswa pada kegiatan kali ini sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang kini sedang dilaksanakan Universitas Pancasila. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat