visitaaponce.com

Tanah Bergerak, Jalan Nasional ke Pantai Pelabuhan Ratu Ambles

Tanah Bergerak, Jalan Nasional ke Pantai Pelabuhan Ratu Ambles
Pengendara sepeda motor melalui jalan yang ambles.(Metro TV/Apit Haeruman.)

RUAS jalan nasional yang menjadi jalur wisata ke Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, ambles sepanjang 25 meter akibat pergerakan tanah. Kepolisian Resort Sukabumi terpaksa melakukan sistem buka tutup di jalur tersebut karena rawan kecelakaan.

Amblesnya jalan nasional yang menghubungkan Sukabumi-Pelabuhan Ratu itu berada di Desa Pasir Suren, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, akibat pergerakan tanah. Kondisi sepanjang jalan itu bergelombang, bahkan terjadi retakan di beberapa titik dengan lebar 10 hingga 20 sentimeter. 

Kendaraan yang melintas di kedua arah pun terpaksa dilakukan sistem buka tutup jalan. Ini karena kondisi jalan sangat membahayakan dan bisa kembali ambles.

Di masa libur Tahun Baru ini tidak ada lonjakan kendaraan wisatawan yang mengarah ke pantai Pelabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh, sehingga tidak ada antrean panjang yang mengarah ke lokasi tersebut. Akan tetapi Kepolisian Resort Sukabumi mengimbau pengendara sepeda motor untuk waspada jika melintas jalur tersebut karena pergerakan tanah masih terjadi terlebih jika lokasi tersebut diguyur hujan deras. 

KBO Samapta Polres Sukabumi Ipda Suhendar mengatakan, kondisi jalan itu ambles sedalam 50 sentimeter akibat pergerakan tanah di lokasi tersebut, sehingga pihaknya memberlakukan sistem buka tutup. Pengendara pun diimbau untuk selalu waspada jika melintasi jalan ini. Beruntung tidak ada lonjakan arus kendaraan wisatawan, sehingga arus lalu lintas masih berjalan normal dan lancar. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat