visitaaponce.com

Tak Dibenahi, Puluhan Kilometer Trans Kalimantan di Tanah Bumbu Makin Rusak

Tak Dibenahi, Puluhan Kilometer Trans Kalimantan di Tanah Bumbu Makin Rusak
Pengendara sepeda motor melintas di jalan Trans Kalimantan yang rusak di Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kerusakan(dok.ant)

KONDISI kerusakan sej umlah ruas jalan nasional Trans Kalimantan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan hingga kini belum tertangani. Kerusakan parah jalan Trans Kalimantan di Kabupaten Tanah Bumbu mencapai puluhan kilometer.

Pantauan mediaindonesia.com, kerusakan parah ruas jalan trans Kalimantan di Kabupaten Tanah Bumbu terjadi di ruas Sebamban Lama dan Sebamban Baru sepanjang lebih 10 kilometer. Sebagian besar aspal jalan terkelupas danberlobang cukup dalam sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Terlebih saat diguyur hujan maka jalan akan berubah menjadi berlumpur dan rawan kecelakaan. Demikian juga dengan ruas jalan trans Kalimantan di Desa Satui Barat, yang terputus akibat longsor sejak pertengahan 2022 hingga kini belum diperbaiki.

Masyarakat pengguna jalan harus melalui jalur alternatif sepanjang lebih 5 kilometer, dengan kondisi berupa jalan tanah yang juga sangat sulit dilewati saat hujan dan berdebu saat panas.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah, Rabu (4/1), mengatakan kerusakan jalan trans Kalimantan di wilayahnya sudah dalam proses penanganan pihak BPJN XI wilayah Kalsel. "Memang ada sejumlah kerusakan, tetapi itu akan segera ditangani pihak BPJN," ujarnya.

Seperti diketahui BPJN XI wilayah Kalsel, telah memprioritaskan pembangunan serta perbaikan jalan dan jembatan terkait IKN. Paket-paket pekerjaan utama jalan dan jembatan yang mendukung IKN antara lain preservasi jalan dan jembatan di ruas Banjarmasin - Batulicin - Kerang
(Lintas Selatan Kalimantan) sepanjang ± 434 km.

Ruas jalan Banjarmasin - Martapura - Tanjung - Batu Babi (Lintas Penghubung Kalimantan) sepanjang ± 283 km. Serta paket penggantian jembatan kritis secara bertahap di ruas jalan lintas selatan maupun lintas penghubung.

Pada bagian lain, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor meresmikan selesainya pembangunan jembatan Mali-Mali dan ruas jalan Sungai Ulin - Matraman, Kabupaten Banjar. (OL-13)

Baca Juga: BPKP: Kalsel Kehilangan PAD Ratusan Miliar Rupiah karena ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat