visitaaponce.com

BPBD NTT belum Pastikan Jalan Ambles akibat Gempa Maluku

BPBD NTT belum Pastikan Jalan Ambles akibat Gempa Maluku
Jalan ambles di Kampung Kolonakaf, Desa Napi, Kecamatan Ki'e, Timor Tengah Selatan, pascagempa Maluku, Selasa (10/1).(Facebook/Agner Faot)

KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT) Ambrosius Kodo belum memastikan jalan ambles di Kabupaten Timor Tengah Selatan disebabkan oleh gempa magnitudo 7,5 yang menggucang Maluku, Selasa (10/1) dini hari.

Jalan ambles tersebut terjadi di Kampung Kolonakaf, Desa Napi, Kecamatan Ki'e, Timor Tengah Selatan, yang mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh.

Pemkab Timor Tengah Selatan telah mengirim alat berat ke lokasi tersebut untuk memperbaiki jalan ambles.

"Saya minta BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) buat laporan, kenapa (jalan ambles) hanya terjadi di ruas jalan itu, sedangkan rumah-rumah lainnya di sekitarnya tidak terdampak," kata Ambrosius Kodo kepada Media Indonesia, Selasa.


Baca juga: Waspadai Gelombang Tinggi, Polres Cianjur Siagakan Personel Satpolair


Menurut Ambrosius, awalnya ia menduga ruas jalan itu rusak disebabkan gempa bumi. "Tapi kok dampak gempa hanya di jalan itu itu saja," ujarnya.

Karena itu, BPBD NTT masih menunggu laporan dari Stasiun Geofisika Kupang yang saat ini masih dalam perjalanan dari Kupang ke lokasi jalan ambles yang berjarak sekitar 160 kilometer dari Kota Kupang.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, mengatakan, pihaknya masih dalam perjalanan menuju lokasi kejadian. "Jadi, kami belum bisa
memberikan informasi lebih lanjut apakah kerusakan dan amblesnya jalan di sana murni disebabkan oleh gempa bumi atau ada faktor lainnya,"
ujarnya. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat