visitaaponce.com

Pemkot Palembang Minta Pihak Swasta Bantu Perbaiki Rumah Warga Miskin

Pemkot Palembang Minta Pihak Swasta Bantu Perbaiki Rumah Warga Miskin
Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda.(DOK MI)

PEMERINTAH Kota Palembang, Sumsel, berupaya keras untuk mengurangi angka kemiskinan. Tak hanya melalui program pembangunan maupun pemberian bantuan, Pemkot Palembang juga kerapkali membantu masyarakat dalam membangun kesejahteraannya.

Namun dengan dana yang terbatas, Pemkot Palembang mengajak perusahaan swasta dan milik negara yang berusaha di Palembang untuk membantu perbaikan rumah warga miskin yang kurang layak huni. "Perbaikan rumah warga miskin melalui program bedah rumah yang telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir bekerja sama dengan Baznas diharapkan bisa diikuti oleh perusahaan swasta dan milik negara sebagai tanggung jawab sosial," kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda.

Menurut dia, warga miskin yang memerlukan bantuan perbaikan rumah cukup banyak mencapai ratusan unit, namun kemampuan Pemkot Palembang dengan dukungan dana zakat, infak, dan sedekah pegawai yang dihimpun Baznas terbatas. Dengan partisipasi pihak perusahaan yang memiliki dana program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR yang mencapai miliaran rupiah, sasaran program bedah rumah yang dilakukan Pemkot Palembang bersama mitra bisa semakin banyak.

Sepanjang 2022, pihaknya bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palembang telah membantu perbaikan puluhan rumah warga miskin dan ustaz yang kurang layak huni melalui program bedah rumah. "Melihat besarnya manfaat yang dirasakan warga kurang mampu, program bedah rumah akan terus ditingkatkan dengan sasaran yang lebih luas. Berdasarkan evaluasi kegiatan bedah rumah dalam beberapa tahun terakhir, masih banyak masyarakat miskin dan ustadz yang perlu dibantu perbaikan rumahnya," beber dia.

Untuk meningkatkan program tersebut, pihaknya bersama pengurus Baznas Palembang mengoptimalkan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah dari aparatur sipil negara (ASN) dan non-ASN. Kepala Baznas Kota Palembang M Ridwan Nawawi menambahkan program bedah rumah yang telah berjalan baik dalam beberapa tahun terakhir diupayakan bisa lebih bermanfaat dan menjangkau sasaran yang lebih luas. Dana program bedah rumah didukung dari zakat pegawai di lingkungan Pemkot Palembang yang dihimpun Baznas.

"Program bedah rumah yang telah berjalan selama ini sangat baik jika ditingkatkan jumlah penerima manfaatnya dengan meningkatkan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah pegawai/ASN jajaran Pemkot Palembang," pungkasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat