visitaaponce.com

Warga Dikagetkan Rumah Dua Lantai di Cimahi Tiba-Tiba Ambruk

Warga Dikagetkan Rumah Dua Lantai di Cimahi Tiba-Tiba Ambruk
Kondisi rumah dua lantai yang ambruk di Jalan Budi, Kelurahan Pasirkaliki, Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat (27/1) siang.(MI/Depi)

SEBUAH rumah dua lantai di Jalan Budi, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat, tiba-tiba ambruk, Jumat (27/1) siang.

Ambruknya rumah milik Anwar Aminudin, 69, membuat sejumlah warga kaget sebab tidak angin dan hujan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena rumah dalam kondisi kosong.

Yayat, Linmas Kelurahan Pasirkaliki mengatakan, penghuni rumah sudah mengetahui jika bangunan bakal ambruk disebabkan timbul retakan di beberapa bagian.

"Kejadiannya tadi sekitar jam 12.20 WIB ketika warga melaksanakan salat Jumat. Sebelum kejadian, saya dan warga lainnya mendengar suara seperti bangunan akan roboh, bangunan tiba-tiba miring lalu ambruk," ucapnya.

Dari pagi hari, Yayat ditugaskan pihak kelurahan untuk berjaga di lokasi agar tak timbul korban. Ia menduga, rumah itu ambruk karena tidak kuat menopang bangunan ditambah fondasi tergerus air. Bongkahan material bangunan yang ambruk menutupi sungai.


Baca juga: Pemprov Jabar Jamin Ketersediaan Beras


"Fondasi tidak kuat menahan gerusan debit air, untung tidak ada korban soalnya ketika sudah ada tanda-tanda bakal ambruk, para penghuninya sudah dievakuasi," ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Fitriandy Kurniawan, menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan penanganan dan asesmen terkait ambruknya rumah dua lantai tersebut.

Dari hasil asesmen, penyebab rumah ambruk diduga karena konstruksi bangunan lemah dan erosi pada fondasi karena terdapat saluran air.

"Jadi, awalnya itu terjadi keretakan kirmir sungai sejak dua minggu lalu. Ketika kirmir ambruk, bangunan rumah ikut tertarik dan ambruk," jelasnya. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat