visitaaponce.com

Jumlah Anak Pengidap Diabetes di Kota Semarang Naik 40 Persen

Jumlah Anak Pengidap Diabetes di Kota Semarang Naik 40 Persen
ilustrasi(mediaindonesia.com/freepik)

JUMLAH anak yang mengidap penyakit diabetes di Kota Semarang, Jawa Tengah, meningkat 40% yakni dari sebelumnya 268 menjadi 377 anak dan 33 anak diantaranya tergantung dengan insulin.

"Dibandingkan tahun 2021, jumlah anak mengidap diabetes pada tahun 2022 meningkat cukup besar, sehingga perlu penanganan serius," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam.

Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2021 jumlah anak di Kota Semarang mengidap diabetes sebanyak 269 anak, namun tahun 2022 meningkat menjadi 377 anak (naik 40%).

Abdul Hakam menambahkan, dari ratusan anak yang mengidap diabetes, 33 di antaranya masuk dalam kategori diabetes miletus tipe 1 karena memiliki ketergantungan insulin.

"Penyebabnya bisa karena keturunan (bawaan lahir)," tambahnya.

Baca juga: Konsumsi Diet Tinggi Karbohidrat Jadi Awal Diabetes pada Anak

Sedangkan sisanya anak pengidap diabetes tidak memiliki ketergantung insulin (tipe 2) yang umumnya disebabkan faktor pola hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan dan minuman manis berlebih dan kurang aktivitas yang mendorong anak-anak untuk banyak bergerak.

Pada diabetes tipe 2 dulu terjadi pada orangtua berusia di atas 60 tahun, namun sekarang menimpa anak-anak, sehingga diimbau kepada orangtua untuk mengatur konsumsi gula atau makanan pada anak serta mengedukasi anak dalam memilih jajanan sehat saat berada di luar rumah.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat