visitaaponce.com

Petani Mulai Panen, Harga Beras Berangsur Turun

Petani di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mulai panen padi. Meski belum puncak musim panen, panen yang dilakukan oleh petani tersebut dapat  menekan harga beras di pasaran.

Salah satu petani, Nyoman Indrayana mengatakan, saat ini beberapa petani di Parigi Moutong, khususnya di sejumlah desa Kecamatan Balinggi, sudah melakukan panen.

Hasil panen petani itu ada yang langsung dibeli distributor ada juga yang disputai langsung petani ke sejumlah pasar di Palu.

Baca juga : Klaten Masuki Panen Raya, Harga Beras Berangsur Turun

“Kalau saya suplai sendiri beras ke pasar, sehingga tidak ada permainan harga,” katanya saat ditemui di Pasar Tradisional Inpres Manonda (PTIM) Palu, Selasa (14/3).

Menurut Nyoman, dengan masuknya masa panen petani, harga beras di sejumlah pasar Sulteng, khususnya di Palu mulai mengalami penurunan.

Baca juga : Provinsi dengan Produksi Terbesar Padi di Indonesia 2022

“Seperti harga beras di PTIM Palu ini kan sudah turun, meski memang penurunan harganya belum begitu signifikan. Paling tidak sudah turun lah,” imbuhnya.

Petani lainnya, Mahyudin menambahkan, saat ini panen raya petani belum berlangsung. Dan sesuai prediksi petani, panen raya akan terjadi akhir Maret hingga Mei mendatang.

“Dan kalau panen raya berlangsung, harga beras di pasar pasti normal kembali,” ungkapnya, ditemui di tempat yang sama.

Mahyudin mengaku, sebagai petani merasa berat juga melihat warga kesulitan pembeli beras di pasar karena harga yang tinggi di tingkat pedagang.

Namun, lanjutnya, petani juga tidak bisa berbuat apa-apa selain pasrah.

“Biaya produksi petani juga memang tinggi, makanya harga beras naik di pasaran. Semoga panen raya di depan ini, harga beras bisa normal kembali sehingga tidak lagi memberatkan warga yang membutuhkan,” tandasnya.

Parigi Moutong menjadi salah satu kabupaten lumbung pangan khusus beras di Sulteng.

Di mana, wilayah itu memiliki luas sawah sebesar 32.654,7 hektar dan telah difungsikan untuk menanam padi sebesar 29.270,7 hektar.

Dari luasan itu, pemerintah setempat menargetkan panen raya padi akhir Maret hingga Mei mendatang seluas 10.257,45 hektar. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat