visitaaponce.com

Belasan Titik Panas Terpantau Satelit Di Babel

Belasan Titik Panas Terpantau Satelit Di Babel
Petugas BPBD Bangka Belitung sedang mengamati titik panas yang diduga karhutla.(MI/Rendy Ferdiansyah)

BELASAN titik panas yang diduga adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit berada di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel Mikron Antariksa mengatakan,  berdasarkan pantauan satelit, ada 11 titik panas tersebar di sejumlah kabupaten.

Mikron menyebutkan 11 titik panas tersebut tersebar di kabupaten Bangka 1 titik, Bangka Selatan 1 titik, bangja tengah dan Bangka Barat masing masing 4 titik.

"Untuk pulau Belitung hanya terpantau satu titik di Belitung Timur terpantau di Kelapa kampit," ucap Mikron, menjawab mediaindonesia.com, Kamis (23/3/2023).

Ia mengaku, untuk sementara kuat dugaan puluhan titik panas tersebut merupakan Karhutla. Namun untuk memastikanya pihaknya sudah mengintruksikan BPBD setempat langsung ke lokasi sekali melakukan tindakan pemadam

"jika itu karhulta, tim yang ke lokasi pasti akan langsung melakukan pemadaman," ungkap dia.

Menurutnya kondisi cuaca cukup panas dan angin kencang merupakan pemicu lahan mudah terbakar. "Sudah seminggu ini tidak ada hujan di daerah kita sehingga titik panas bermunculan," imbuh dia.

Pihaknya menghimbau masyarakat jangan berani bukan kebun dengan cara membakar hutan atau lahan, sebab berbahaya bisa mengakibatkan kebakaran.

"Kemarau kita di perkirakan BMKG akan lebih kering dari tahun sebelumnya, hal ini tentu saja berpotensi terjadinya karhutla, kita tetap bersiaga dan mengantisipasinya,"ucap Mikron. (N-3)

Baca Juga: KLHK: Titik Panas 2023 Meningkat 29%

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat