visitaaponce.com

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Terdeteksi Tiga Kali Awan Panas

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Terdeteksi Tiga Kali Awan Panas
Gunung Merapi kembali erupsi(Metro TV/Yuki Pramudya)

GUNUNG Merapi kembali meluncurkan awan panas ke arah Sungai Bebeng, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (31/3), pukul 07.45 WIB. Berdasarkan rekaman Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencaan Geologi (BPPTKG) jarak luncur dari awan panas 1.100 meter ke arah barat daya. 

"Pagi ini terdeteksi pukul 07.45 terjadi satu kali guguran awan panas mengarah ke barat daya, tapi untuk angin ke arah timur," ujar Triyono, Petugas jaga Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops BPBD) Kabupaten Magelang, Jumat (31/3).

Dikarenakan arah angin ke timur, maka masyarakat Magelang aman dari hujan abu. Sebaliknya abu vulkanik mengarah ke Boyolali.

Baca juga: BMKG: Hujan Lebat Diperkirakan Landa Hampir Seluruh Provinsi Indonesia Hari Ini

"Magelang masih aman, karena angin ke timur, magelang tidak ada hujan abu," ujar Triyono.

Aktivitas Gunung Merapi yang barada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah itu mulai tercatat sejak Kamis (30/3). Terjadi dua kali luncuran awan pada pukul 15.22 dan 18.04 dengan jarak luncur maksimum 1.000 meter ke arah barat daya.  

Baca juga: Kaltara Punya Potensi Besar di Budidaya Rumput Laut

Status Gunung Merapi masih di level siaga, dengan radius bahaya saat ini sejauh maksimal 7 kilometer pada sektor barat daya. Warga dihimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius bahaya yang sudah ditetapkan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat