visitaaponce.com

Lakukan Operasi Pasar, Ganjar Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran

Lakukan Operasi Pasar, Ganjar Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran
Gubernur Jawa Tenggah Ganjar Pranowo melakukan operasi pasar di Semarang(Dok. Pemprov Jateng)

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan operasi pasar ke Pasar Johar Kota Semarang, Jateng, Rabu (5/4/2023) untuk memantau harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H dan libur lebaran.

Dalam operasi pasar kali ini, Ganjar menemukan bahwa harga bahan pokok saat ini cenderung stabil. Namun demikian, ada kenaikan pada komoditas bawang putih dari harga Rp28 ribu kini berkisar Rp31 ribu.

Meskipun naik, Ganjar menyebut masih di bawah harga acuannya. Adapun, harga acuan atau harga tertinggi bawang putih yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian berkisar Rp32 ribu.

Baca juga : Jalan Nasional Jawa Timur-Bali Siap Dilalui Pemudik

“Kita melihat harga-harga yang ada di sini. Kalau bahan pokok sih relatif tadi masih stabil ya, bawang putih, bawang merah. Bawang putihnya relatif stabil, bawang merahnya itu agak sedikit naik tapi masih di di bawah harga acuannya,” kata Ganjar usai sidak.

Ganjar mengatakan, operasi pasar yang dilakukan kali ini merupakan upaya Pemprov Jateng untuk menstabilkan harga bahan pokok menjelang lebaran. Sebab itu, kata Ganjar, operasi pasar masih akan terus dilakukan sampai mendekati Hari Raya Idulfitri.

Baca juga : Pasar Murah Ramadan Kembali Digelar Pemkot Semarang dan Pekalongan

“Kita masih akan cek terus harga-harga menjelang lebaran nanti ya,” kata Ganjar.

Selain memantau harga komoditas, Ganjar juga mengecek harga-harga pakaian di pasar tersebut. Menurut Ganjar, suasana lebaran sudah begitu terasa meskipun Idulfitri relatif masih lama.

“Pakaiannya sudah terasa kenaikannya. Rasa-rasanya suasana lebarannya sudah mulai ada ya. Jadi ini geliat ekonomi yang cukup bagus dan kita masuk sengaja pasar-pasar yang tradisional,” kata Ganjar.

Sebelumnya diberitakan, Ganjar sedang menggalakan pemantauan komoditas kebutuhan pokok dan operasi pasar untuk mencegah inflasi daerah. Hal itu diungkapkan Ganjar usai Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

"Mudah-mudahan minggu ini kawan-kawan akan turun, melihat dan mengecek ke pasar mana-mana yang kurang dan harus diintervensi," kata Ganjar di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada Senin (27/3). (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat