visitaaponce.com

Bank Indonesia Buka Gerai Penukaran Uang di Atas Kapal Feri

Bank Indonesia Buka Gerai Penukaran Uang di Atas Kapal Feri
Suasana penukaran uang pecahan Lebaran di atas kapal feri(MGN/Andriego Pandega)

DALAM menghadapi Perayaan Hari Raya Idul Fitri 2023, Bank Indonesia dan perbankan di Lampung melayani penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat di atas kapal feri Selat Sunda.

Selain di atas kapal, penukaran juga dapat dilakukan di 180 loket lainnya yang tersebar di Provinsi Lampung. Untuk memenuhi kebutuhan lantaran sudah meningkatnya perekonomian, Bank Indonesia Perwakilan Lampung menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,5 triliun.

Melalui Program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri atau Serambi, Bank Indonesia dan 36 perbankan di Lampung menyiapkan 180 unit loket penukaran uang pecahan kecil.

Baca juga : Tiket Kapal Pelni Habis, Penumpang Mudik 2023 Naik 5%

Pelayanan ini untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang baru layak edar. BI juga membuat loket di atas kapal Ferry Express yang sedang berlayar di Selat Sunda.

Masyarakat dapat menukar uang pecahan Rp1 ribu, Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu dan Rp20 ribu. BI mengaku bakal memberikan layanan ekstracepat kepada warga tanpa potongan. "Umumnya, warga menukar uang untuk menyenangkan anak-anak saat Lebaran. Kini mereka tidak perlu kesusahan menukar uang karena dapat dilakukan saat perjalanan," kata Adi, salah seorang warga Lampung.

Baca juga : Pemudik dengan Kapal Laut Diprediksi Capai 600 Ribu Penumpang

Tony Noor Tjahjono, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyampaikan, pihaknya menyiagakan uang tunai Rp4,5 triliun di Lampung. Jumlah ini meningkat 20,9% dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp3,7 triliun.

Pelayanan penukaran uang pecahan kecil ini akan berlangsung sampai 18 April. Warga yang datang dapat menukarkan uang maksimal Rp3,8 juta tanpa potongan. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat