visitaaponce.com

Cegah Rabies, Pemkot Denpasar Jemput Bola Vaksinasi Hewan Peliharaan Warga

Cegah Rabies, Pemkot Denpasar Jemput Bola Vaksinasi Hewan Peliharaan Warga
Petugas Dinas Kesehatan Pemkot Denpasar memberikan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan warga(MI/Ruta Suryana)

MENCEGAH penularan penyakit rabies, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan menggelar vaksinasi terhadap sejumlah hewan peliharaan warga di Kelurahan Dangin Puri, Kamis (27/4).  

Kegiatan itu dilakukan secara bertahap yang nantinya akan menyasar 7 banjar di wilayah tersebut.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap. Kemarin (Rabu, 26 April 2023) diadakan di 2 banjar, dan hari ini (Kamis) di 5 banjar. Warga kami menyambut baik sekali pelaksanaan vaksinasi rabies ini," ujar I Gusti Gede Agung Okariawan, Lurah Dangin Puri.

Baca juga : Wamentan Harvick Ajak Masyarakat Bali Berperan Aktif Kendalikan Rabies

Dengan melalui metode jemput bola, petugas yang didampingi oleh jajaran Kelurahan Dangin Puri mendatangi kediaman warga. Pemeriksaan terhadap hewan peliharaan dilakukan terlebih dulu dan dilanjutkan dengan pemberian vaksin pada hewan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kota Denpasar, I Made Ngurah Sugiri di Denpasar, mengatakan gebyar vaksinasi rabies ini ditargetkan dapat mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi pada hewan penular rabies di Kota Denpasar.

"Selama gebyar vaksinasi rabies, petugas dikerahkan untuk melakukan vaksinasi anti-rabies, termasuk melayani vaksinasi hewan dari rumah ke rumah," kata Ngurah Sugiri.

Rabies atau penyakit anjing gila sendiri merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat manusia dan hewan berdarah panas. Penyakit ini dapat menular ke manusia melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing, kelelawar, dan kera yang terinfeksi virus rabies. 

Rabies antara lain bisa dicegah dengan segera mencuci luka gigitan hewan penular rabies menggunakan sabun dan air mengalir selama 15 menit serta vaksinasi anti-rabies. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat