visitaaponce.com

Ganggu Jalur Penerbangan, Polres Pekalongan Sita 137 Balon Udara Raksasa

Ganggu Jalur Penerbangan, Polres Pekalongan Sita 137 Balon Udara Raksasa
Ilustrasi(Antara)

POLISI Kota Pekalongan sita ratusan balon udara berukuran besar yang hendak diterbangliarkan, dan belasan tungku cerobong untuk menerbangkan balon, beserta ratusan petasan berbagai ukuran.

Pada Minggu (30/4) ratusan balon udara berukuran raksasa dan petasan sitaan itu diperlihatkan petugas Kepolisian Resor (Polres) Pekalongan Kota.

"Ada 137 balon terbang berukuran raksasa dan 14 tungku (alat menerbangkan balon) yang berhasil kita sita saat akan diterbangkan," kata Kepala Polres Pekalongan Kota Ajun Komisaris Besar Wahyu Rohadi.

Baca juga : Festival Balon Udara Pekalongan 2023

Selain menyita ratusan balon dan belasan tungku, demikian Wahyu Rohadi, petugas juga menyita 393 batang petasan berbagai ukuran dalam operasi digelar sejak Jumat (28/4) hingga Minggu (30/4) ini.

Ratusan balon terbang, petasan dan belasan tungku, lanjut Wahyu Rohadi, paling banyak disita saat puncak kegiatan Syawalan Sabtu (29/4), hal ini karena larangan penerbangliaran balon sebagai bentuk antisipasi gangguan penerbangan akibat balon-balon tersebut.

Baca juga : Festival Balon Pekalongan Diikuti 91 Komunitas

Razia terhadap balon dan petasan, ungkap Wahyu Rohadi, dilakukan oleh tim gabung terdiri dari kepolisian, TNI dan Pemkot Pekalongan. "Kita tidak melakukan penangkapan terhadap warga, hanya melakukan penyitaan saja," imbuhnya.

Geser jalur udara

Sebelumnya General Manager Airnav Indonesia Cabang Semarang Mi'wan Muhammad Bunay mengatakan akibat penerbangaliaran balon udara tersebut jalur penerbangan pesawat udara ke luar negeri yang dialihkan

"Dalam sehari 20 balon udara yang mengganggu jalur udara, di Semarang untuk rute jalur udara terpaksa bergeser karena balon liar masih mengganggu," ujar Mi'wan Muhammad Bunay.

Pada Rabu (26/4) lalu, lanjut Mi'wan Muhammad Bunay, ada balon udara dengan ketinggian mencapai 6000 kaki yang telah mengganggu penerbangan luar negeri. Akibatnya, rute pesawat maskapai Qatar terpaksa dialihkan. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat