visitaaponce.com

Puluhan Desa di Aceh Barat Terendam Banjir

Puluhan Desa di Aceh Barat Terendam Banjir
Dua warga berjalan melalui banjir, Aceh Barat.(Metro TV/Faizi.)

DIGUYUR hujan lebat, puluhan desa di enam kecamatan, Kabupaten Aceh Barat, terendam banjir mulai 50 sentimeter hingga 2 meter. Banjir terparah di Kecamatan Woyla Barat dan Sungai Mas. Akibat banjir tersebut, warga di tujuh desa mengungsi.

Hujan lebat yang mengguyur Aceh Barat dalam dua hari terakhir membuat Sungai Woyla dan Sungai Meureubo meluap ke permukiman warga. Akibatnya, puluhan desa di enam kecamatan, Kabupaten Aceh Barat, terendam banjir.

Kecamatan yang terendam banjir ialah Sungai Mas, Pante Cermin, Woyla, Woyla Barat, Kaway 16, Meureubo, dan Arongan Lambalek. Ribuan rumah warga kini terendam banjir.

Baca juga: Banjir Rendam Belasan Rumah dan 10 Hektare Sawah di Desa Sambo

Banjir terparah di Kecamatan Sungai Mas, Woyla, dan Woyla Barat. Ketinggian air diperkirakan lebih dari 2 meter. Akibat air terus naik, warga di tujuh desa mengungsi ke tempat lebih tinggi.

Petugas BPBD Aceh Barat, Kismar, mengatakan pihaknya masih mendata wilayah terendam banjir dan warga yang terdampak banjir. "Namun dipastikan ada puluhan desa di enam kecamatan," ujar Kismar.

Baca juga: Sungai Ogan Meluap, Desa Kuang Dalam Timur Terendam Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat juga mengimbau agar warga menjauhi bantaran sungai. Ini karena diperkirakan banjir terus terjadi mengingat cuaca kembali mendung. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat