visitaaponce.com

Bank Muamalat-Muamalat Institute Perkuat Program MBKM dengan UIN Alauddin Makassar

Bank Muamalat-Muamalat Institute Perkuat Program MBKM dengan UIN Alauddin Makassar
Mahasiswa UIN Alauddin Makassar berkunjung ke fasilitas Bank Muamalat(Dok. Bank Muamalat)

PT Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan Muamalat institute (MI) berkolaborasi dengan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN Alauddin Makassar mendorong literasi dan inklusi perbankan syariah di wilayah Makassar.  

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar Abustani Ilyas mengatakan, sebagai fakultas yang memiliki program studi di bidang ekonomi dan bisnis islam, pihaknya memahami betul pentingnya peran sektor keuangan dalam perekonomian, terutama dalam konteks keuangan syariah.

"Saya merasa beruntung karena melalui kerjasama yang ditawarkan MI seperti kuliah tamu, riset serta program pelatihan dan sertifikasi merupakan yang kita butuhkan bukan hanya bermanfaat untuk mahasiswa namun juga untuk para dosen. Kami juga berharap kerjasama dengan MI dan BMI dapat terus berkelanjutan dan saling memberikan manfaat bagi kedua belah pihak karena kebersamaan dan keberhasilan itu diukur oleh kerjasama," katanya.

Baca juga : Nasabah Muamalat Kini Bisa Bertransaksi di ATM Jaringan Link

Region Head Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampua Bank Muamalat Ahmad Salihin mengatakan, sebagai lembaga keuangan syariah, pihaknya sangat mendukung pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Menurutnya, peran akademisi dan mahasiswa sangat penting dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam bidang ekonomi syariah. 

Baca juga : Bank Muamalat dan Muamalat Institute Dorong Inklusi Perbankan Syariah di Jambi 

"Saya berharap melalui program ini dapat menjadi ajang yang baik untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang perbankan dan ekonomi syariah. Kami siap untuk memberikan dukungan dan kerja sama dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di bidang ekonomi syariah," ujarnya.

Direktur Muamalat Institute Anton Hendrianto menambahkan, pihaknya terbuka dan sangat mendukung program MInterin untuk membangun kualitas SDM Indonesia yang unggul melalui sinergi triple helix model yakni dengan menyatukan kolaborasi antara unsur Pemerintah, Kampus, dan Industri agar mendukung pertumbuhan Industri Halal dan Perbankan syariah menuju Indonesia Emas 2045. 

"Maka, Muamalat Institute akan berperan aktif dalam menjembatani sinergi tersebut dengan program-program yang konkrit, seperti; penelitian, inkubasi bisnis, pemagangan, sertifikasi kompetensi, dosen tamu dan gerakan literasi. Semua itu untuk terciptanya ‘link & match’ dalam MBKM serta mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, pungkas Anton yang juga merupakan pejabat senior di Bank Muamalat Indonesia," katanya.

Dalam kunjungan Kampus ke Graha Muamalat Makassar, BMI memfasilitasi mahasiswa melakukan office tour dan pembukaan rekening Bank Muamalat melalui Customer on Boarding (CoB) yang membuat pembukaan rekening sangat cepat dan mudah. 

Pembukaan rekening ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa agar dapat langsung mengaplikasikan materi yang telah disampaikan terkait pemahaman dasar perbankan syariah untuk dapat menggunakan produk-produk perbankan syariah sebagai bentuk dukungan nyata pada Perbankan Syariah. 

Kedepannya Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui program-program Link and Match Kampus dan Industri seperti Muamalat Enlightenment Campaign Program (MINTERIN), Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO), Muamalat Institute Kuis Interaktif (MIKIR), Muamalat Institute Business Innovation Incubator (MIBII) hingga Dosen Tamu. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat