visitaaponce.com

Cijengkol Terpilih sebagai Desa BSI Pengembangan Domba Kambing

Cijengkol Terpilih sebagai Desa BSI Pengembangan Domba Kambing
Warga Desa Cijengkol.(Dokumentasi pribadi.)

DESA Cijengkol Kecamatan Cilograng, Lebak, Banten, terpilih menjadi lokasi Desa Bangun Sejahtera Indonesia (BSI) melalui pengembangan peternakan domba kambing. Desa ini masih memiliki potensi peternakan domba dan memiliki lahan potensi pakan yang cukup luas serta penduduk yang sudah terbiasa beternak. 

Total peternak yang menjadi penerima manfaat program sebanyak 50 keluarga dengan bantuan 500 domba beserta sarana dan prasarana termasuk pelatihan dan peningkatan kapasitas paternak. Nominal bantuan pemberdayaan masyarakat Desa Cijengkol yang disalurkan sebesar Rp2,6 miliar.

BSI dan BSI Maslahat meresmikan Desa BSI klaster peternakan domba kambing Desa Cijengkol pada Rabu, 24 Mei 2023. 
"Harapan kehadiran program desa binaan ini yaitu memberikan kebermanfaatan tidak hanya untuk para peternak, tetapi juga masyarakat desa lain. Semoga domba kambing dari desa binaan di sini bisa dikenal dan menjadi ciri khas unggulan Desa Cijengkol," ujar Regional Financing Jakarta 1 Business Deputy BSI, Ricky Ricardo, dalam keterangan tertulis, Senin (29/5).

Baca juga: Pemkab Lebak Targetkan Swasembada Ikan Air Tawar pada 2024

Sekretaris Camat Cilograng, Roni Hardiansyah, berterima kasih kepada BSI dan BSI Maslahat. Ia berpesan agar para penerima manfaat dapat melaksanakan program dengan sebaik-baiknya. Harapannya, Desa Cijengkol bisa menjadi desa percontohan bagi desa lain untuk pembibitan ternak yang berkualitas.

Program Desa BSI dijalankan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat dengan pendampingan intensif dari BSI Maslahat. Dalam program ini, seluruh proses budi daya sampai pemasaran akan dilakukan sepenuhnya oleh kelompok peternak. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan hasil yang optimal dalam menginisiasi perbaikan kualitas dan kuantitas ternak domba. 

Baca juga: Investasi Peternakan di Lahan Rawa Kalsel Dinilai Menjanjikan

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana Ziswaf, CSR, dan dana sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Karenanya, pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.  

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai kampanye dan produk baru di antaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, dan masjid. 

Sedangkan goamal.org ialah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui Goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat