visitaaponce.com

10 Orangutan Hasil Rehabilitasi Siap Dilepasliarkan ke Hutan Kalteng

10 Orangutan Hasil Rehabilitasi Siap Dilepasliarkan ke Hutan Kalteng
Foto orangutan di hutan Kalimantan Tengah.(MI/Sriyanti)

YAYASAN Penyelamatan Orangutan Borneo atau Borneo Orangutan Survival (BOS) kembali akan melepasliarkan orangutan ke hutan Kalimantan. Kali ini, sebanyak 10 ekor orangutan akan dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Tumbang Hiran, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sepuluh primata yang dilepasliarkan itu terdiri dari 2 jantan dan 8 betina. Sebelumnya mereka dirawat dan menjalani rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Palangkaraya.

"Pelepasliaran kesepuluh orangutan ini merupakan pelepasliaran kedua yang dilakukan Yayasan BOS pada tahun 2023 ini," kata CEO Yayasan BOS, Jamartin Sihite, Rabu, (14/6).

Baca juga: Tiga Orangutan Dilepasliarkan di Hutan Lindung Gunung Mesangat

Nantinya ke-10 orangutan itu diberangkatkan dalam dua perjalanan yang terpisah dan lokasi pelepasliaran yang terpisah juga.

"Pada trip pertama akan membawa 4 individu orangutan ke hutan di DAS Hiran pada 14 Juni 2023, dan trip kedua membawa 6 individu orangutan ke hutan di DAS Bemban pada 16 Juni 2023,"paparnya.

Baca juga: Tinggal 800 Ekor, Populasi Orang Utan Tapanuli Makin Mengkhawatirkan

Jamartin juga menyebutkan, saat ini masih terdapat sekitar 400 orangutan yang direhabilitasi untuk siap hidup bebas dan mandiri di hutan.

"Diharapkan melalui kerja bersama yang melibatkan semua pihak serta pemangku kepentingan, perlindungan serta pelestarian orangutan akan semakin berkembang dan terjaga,"ujar Jamartin.

Terpisah, Kepala Balai Kepala Balai TNBBBR, Andi Muhammad Kadhafi, menjelaskan, pemanfaatan DAS Hiran dan DAS Bemban untuk pelepasliaran orangutan sejak tahun 2016 merupakan upaya menjaga persebaran orangutan rehabilitasi yang dilepasliarkan TNBBR.

"Tercatat 7 kelahiran alami di TNBBBR sejak pelepasliaran orangutan pertama dilakukan di sini sejak 2016,"katanya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat