visitaaponce.com

Bersihkan Sungai Cisadane, Mind Id dan JIP Jaga Lingkungan

Bersihkan Sungai Cisadane, Mind Id dan JIP Jaga Lingkungan
Menjaga kelestarian ekosistem Sungai Cisadane menjadi salah satu upaya pelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan alam.(Dokumentasi pribadi.)

MIND Id berkolaborasi dengan komunitas lingkungan Kelompok Tani Ternak (KTT) Nusa Organik dan Jurnalis Indonesia Peduli (JIP) melakukan aksi penanaman pohon, membersihkan sampah, hingga melepas ribuan bibit ikan lele di Sungai Cisadane, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 17 Juni 2023. Kegiatan tersebut merupakan aksi nyata dan komitmen holding BUMN industri pertambangan itu dalam menjaga keseimbangan alam juga melestarikan lingkungan hidup. 

Menurut Kepala Divisi Hubungan Institusional Mind Id Selly Adriatika, menjaga kelestarian ekosistem Sungai Cisadane menjadi salah satu upaya pelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan alam. "Perusahaan berkomitmen untuk terus menjaga keseimbangan alam dan melestarikan lingkungan. Kegiatan ini merupakan aksi nyata kami untuk turut serta menjaga kelestarian ekosistem Sungai Cisadane yang memiliki peran vital bagi masyarakat, khususnya di wilayah Jabodetabek," kata Selly Adriatika.

Selly mengatakan Mind Id secara berkesinambungan terus aktif mendorong dan menginisiasi seluruh program yang mendukung upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan. Pasalnya, kata dia, selain bermanfaat untuk menjaga lingkungan, langkah tersebut pun ikut menjaga keramahan ekosistem hayati.  

Baca juga: Sumur-Sumur Mengering, Satu Desa di Majalengka Kesulitan Air Bersih

"Yang dilakukan Mind Id bersama dengan JIP dan KTT Nusa Organik merupakan inisiasi yang baik dan membuktikan pentingnya kerja sama setiap elemen masyarakat yang melibatkan pemberdayaan komunitas setempat atas kontribusi positifnya selama ini agar lebih optimal dan maksimal," katanya. Pihaknya terus berkomitmen dalam melakukan penghijauan dan pelestarian lingkungan, termasuk di wilayah operasional penambangan dengan upaya reklamasi lahan bekas tambang menjadi ekowisata serta pengolahan limbah hasil penambangan ramah lingkungan. 

Ketua JIP Abdul Rosyid mengatakan aksi peduli lingkungan yang diinisiasi Mind Id merupakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2023. Dalam kegiatan tersebut, mereka tampak memunguti aneka sampah plastik yang mengotori aliran sungai. 

Baca juga: Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Sumsel Gelar Festival Sriwijaya 2023

Selain mengganggu pemandangan dan mengeluarkan bau tak sedap, sampah yang berasal dari limbah rumah tangga tersebut pun mengancam keberlanjutan ekosistem perikanan di kawasan Sungai Cisadane. Menurut Rosyid, banyak masyarakat yang menggantungkan mata pencaharian dari Sungai Cisadane sepanjang 126 kilometer tersebut. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat