visitaaponce.com

Festival Wolobobo Pulihkan Ekonomi Nasional

Festival Wolobobo Pulihkan Ekonomi Nasional
FESTIVAL Wolobobo, Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih sebagai Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023(MGN/Marianus Marselus)

FESTIVAL Wolobobo, Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih sebagai Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi  Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf/Baparekraf).

Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Kemenparekraf/Baparekraf Josua Simanjuntak, mengatakan Festival Wolobobo 2023 merupakan 1 dari 110 event yang terpilih dalam program Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang ditargetkan untuk pemulihan ekonomi nasional. 

“Kami dari Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan Wolobobo Ngada Festival 2023 ini sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional" ungkap Josua, Jumat (30/6).

Baca juga: Kemenparekraf Perkuat Peran Masyarakat dalam Pengembangan Potensi Desa Wisata

Josua mendorong Pemerintah Kabupaten Ngada untuk memperkuat narasi wisata. Di dalamnya, diceritakan potensi wisata, baik budaya maupun alam, yang ada di Ngada.

“Tentang bambu, tenun dan potensi alam lain harus mampu dinarasikan sehingga dunia wisatawan tidak hanya datang untuk berlibur tetapi juga belajar tentang sesuatu di Ngada" ungkap Josua.

Baca juga: Festival Budaya Manggarai Turut Beri Perhatian pada Lingkungan 

Senada, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatima mengatakan, narasi menjadi salah satu kekuatan dalam promosi wisata demi mendulang minat wisatawan.

BPOLBF, kata Shana, ikut membantu Pemkab Ngada dalam menyebarluaskan informasi tentang Wolobobo Ngada Festival melalui kegiatan promosi. Promosi tersebut dilakukan secara digital dan offline.

Shana mengatakan, BPOLBF mendukung pelaksanaan Wolobobo Ngada Festival sejak tahun lalu. Pada tahun 2023, BPOLBF kembali mendukung penyelenggaraan festival yang telah terpilih sebagai bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN).

"Ini kali kedua kami hadir mendukung Festival Wolobobo yang kami percaya layak menjadi event signature Kabupaten Ngada. Event tahunan seperti ini akan mendatangkan minat wisatawan mancanegara maupun nusantara untuk mengunjungi Ngada termasuk atraksi-atraksi lainnya" ungkap Shana.

Wolobobo Ngada Festival 2023 digelar selama tiga hari, 28-30 Juni 2023. Terdapat tiga lokus yang menjadi tempat event, yakni Taman Kartini, Kebun Raya Bukit Wolobobo, dan Kampus Bambu Turetogo, masing-masing dengan program-program yang menarik, termasuk pameran, workshop, sport tourism, serta konser musik dan hiburan. (MGN/Z-7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat