visitaaponce.com

DKPP Kota Bandung Adakan Vaksinasi Anti Rabies Gratis

DKPP Kota Bandung Adakan Vaksinasi Anti Rabies Gratis
Petugas menyuntikkan vaksin rabies gratis bagi kucing di Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/8/2022).(ANTARA/NOVRIAN ARBI)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mengadakan vaksinasi rabies gratis door to door. Upaya itu dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit rabies yang kini tengah mewabah di sejumlah daerah di Indonesia.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bnadung Wilsandi Saefuloh mengatakan vaksinasi rabies digelar 3 Juli sampai 15 Juli. Tidak hanya door to door, juga di 38 klinik dokter hewan swasta yang ada di Kota Bandung.

Untuk tahap awal, vaksinasi rabies door to door ini diadakan di Kelurahan RW 7 Cibadak, Kecamatan Astanaanyar.

Baca juga: Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Rabies Terpenuhi di Daerah

"Vaksinasi rabies menyasar hewan peliharaan dan hewan-hewan liar ternyata disambut antusias warga yang membawa langsung hewan peliharaannya kucing maupun anjing," ujarnya.

Menurut Wilsandi, untuk pelaksanaan vaksinas, DKPP hanya membawa satu dokter hewan, yakni drh Buhori Muslim dan 10 calon dokter hewan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) yang sedang magang.

"Ada empat jenis hewan yang berpotensi membawa penyakit rabies, yakni  kucing, anjing, kera, dan musang. Ciri hewan rabies itu susah makan, takut cahaya, takut air, agresif, berliur terus. Jadi setelah ada gigitan memang harus dipantau dua-duanya baik manusia yang terkena gigitan dan hewannya," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Malang Minta Warga Aktif Melaporkan Dugaan Kasus Rabies

Wilsandi menambahkan, vaksinasi gratis menggunakan program Laman Hati (Layanan Manajemen Kesehatan Hewan Terintegrasi). Kegiatan vaksinasi sekaligus mengedukasi warga tentang manajemen kesehatan hewan, pendataan, dan kesehatan lalu lintas hewan.

Dari pantauan Media Indonesia, program tersebut disambut antusias oleh warga. Mereka beramai-ramai mendatangi kantor RW 07 Kelurahan Cibadak. Ada beberapa kucing gagal divaksinasi karena stres dan mengamuk.

"Mumpung ada vaksinasi rabies gratis, tentu saya merasa bersyukur dan sangat berterimakasih telah didatangi dokter karena saya tak punya tempat untuk membawa kucing ke Pos RW," jelas Rina, yang memelihara lima ekor kucing. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat