visitaaponce.com

Enam Suspek Antraks Sudah Sembuh, Hasil Laboratorium Masih Ditunggu

Enam Suspek Antraks Sudah Sembuh, Hasil Laboratorium Masih Ditunggu
Pasien yang tertular antraks menunjukkan gejala kulit melepuh berbentuk cincin disertai warna gosong di tengah.(Antara)

ENAM suspek antraks sembuh, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan masih menunggu hasil sampel darah dari Laboratorium Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates, Yogyakarta.

"Kami sedang menunggu hasilnya. Tapi, mereka sudah dinyatakan sembuh semua," kata Plt Kadinkes Pacitan Daru Mustikoaji di Surabaya.

Keenam warga itu berasal dari Kecamatan Tinatar Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Temuan suspek Antraks ini bermula dari salah satu orang yang periksa ke Puskesmas karena mengeluh terkena penyakit kulit selama dua pekan.

Baca juga : Peternak Sapi Sediakan Kandang Isolasi Cegah Sebaran Antraks

Keluhan satu pasien tersebut dinilai petugas kesehatan mengarah ke penyakit antraks. Akhirnya tim kesehatan setempat melalukan penelitian epidemiologi untuk menelusurinya. Hasilnya, ditemukan lima orang lainnya dengan luka sejenis.

Selain mengalami luka kulit, sebagian pasien suspek itu juga mengalami gejala demam. Mereka mendapat perawatan di Puskesmas setempat hingga akhirnya dinyatakan sembuh.

Baca juga : Ternak Mati Terkena Antraks tak Boleh Dikubur Sembarangan

Daru bilang, penularan antraks yang dialami enam orang itu berasal dari kambing Peranakan Ettawa (PE) yang mati sebelumnya. Namun Daru mengaku belum mendeteksi penyakit antraks pada hewan tersebut.

"Tidak terdeteksi karena kejadiannya sudah sekitar dua minggu (sebelum suspek)," katanya.

Dari temuannya, enam warga itu sehari-hari berkegiatan di peternakan. Dari situlah mereka punya riwayat kontak dengan hewan ternak yang mati akibat penyakit.

"Ada kematian hewan sebelumnya, rata-rata ada riwayat pegang dan berdekatan," jelasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat