visitaaponce.com

Pelayanan Kesehatan di Maluku Perlu Perhatikan Aspek Keterjangkauan

Pelayanan Kesehatan di Maluku Perlu Perhatikan Aspek Keterjangkauan
Anggota Komisi IX DPR RI Abidin Fikri.(Ist/DPR)

ANGGOTA Komisi IX DPR RI Abidin Fikri menilai Provinsi Maluku memerlukan pendekatan kesehatan yang berbeda dengan daerah lain.

Hal tersebut karena Maluku merupakan wilayah kepulauan yang penduduknya tersebar di pulau-pulau. Sehingga, pendekatan kesehatan harus memperhatikan persoalan keterjangkauan.

"Jadi transportasinya harus dipikirkan apakah memungkinkan misalnya diperbanyak pelayanan kesehatan misalkan dalam bentuk klinik kapal," kata Abidin.

Baca juga: Hubungkan 2 Kabupaten yang Dihantam Banjir Bandang Maluku, PUPR akan Bangun Jembatan Darurat

"Itu kan perlu dibicarakan, karena jumlah penduduknya 1,8 juta yang tersebar di pulau-pulau, harus diatur karena di Kota Ambon ini ada rumah sakit rujukan nasional yaitu rumah sakit Dr. J. Leimena," ujar Abidin dalam keterangan pers, Sabtu (15/7).

Perlu Gunakan Pendekatan Khusus

Abidin menekankan, pendekatan kesehatan di wilayah Indonesia timur harus menggunakan pendekatan khusus, utamanya berkaitan dengan pendanaan dan support pemerintah pusat.

Ia melihat RSUP dr. Johannes Leimena Ambon yang merupakan rumah sakit mandat pemerintah pusat sebagai pusat rujukan di Indonesia timur, masih perlu melakukan pembenahan.

Baca juga: Ini Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku, Batas Laut dan Daratan

Pembenahan tersebut salah satunya adalah peningkatan perawatan gedung. Menurut Abidin, dengan kondisi gedung yang besar dan bagus, perawatan bangunan harus lebih dipikirkan.

"Kalau gedung bagus tapi tidak ada perawatan yang memadai juga akan mengindikasi kepada peralatan-peralatan kesehatan, peralatan kesehatan itu mahal harganya," ucap Abidin.

"Jadi kalau tidak dirawat dengan baik gedungnya dan semua peralatan saya kira akan menimbulkan masalah," harapnya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat