visitaaponce.com

Reuni Ageng Alumni SMAN 1 Kota Magelang Usung Peduli Sesama dan Merawat Bumi

Reuni Ageng Alumni SMAN 1 Kota Magelang Usung Peduli Sesama dan Merawat Bumi
Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Kota Magelang (Ikasmansatama) menggelar reuni ageng lintas angkatan, di Magelang, Jawa Tengah, 15-16 Juli 2023.(Ist)

KEPEDULIAN pada lingkungan dan sesama jadi tema sentral yang diusung dalam pertemuan Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Kota Magelang (Ikasmansatama) lintas angkatan, di Magelang, Jawa Tengah, 15-16 Juli 2023.

Ribuan alumni dihasilkan sekolah yang tahun ini berumur 73 tahun itu.

Mereka tersebar di seluruh Indonesia dan menduduki sejumlah jabatan strategis di pemerintahan dan swasta.

Baca juga: 2500 Alumni Meriahkan Temu Kangen Kagama 2022

"Jumlah pendaftar reuni ageng tahun ini tercatat mencapai 4.000 orang, baik dari Indonesia maupun yang tinggal di luar negeri," kata Ketua Umum Ikasmansatama Ir Agus Marsudi MSc, dalam siaran persnya, Senin (17/7).

Ia menjelaskan tiga lokasi dipilih pada reuni kali ini yakni, Candi Borobudur, SMA Negeri 1 Kota Magelang, dan Puri Asri Hotel & Resort Magelang.

Serangkaian acara dilakukan mulai dari penanaman pohon kepel, nagasari, dan baobab, juga syuting kampanye pelestarian cagar budaya dengan busana bernuansa etnik terbanyak sebagai rekor, dan pentas seni.

Saat syuting kampanye pelestarian cagar budaya, alumni meneriakkan Save Heritage for Future sebagai ajakan melestarikan heritage sekaligus kampanye agar terdengar nasional dan internasional karena dilakukan di Candi Borobudur yang jadi warisan dunia.

"Salah satu tujuan berkumpulnya Ikasmansatama ini untuk memperat silaturahmi antaralumni dan memberikan manfaat lewat kegiatan pengabdian kepada masyarakat," kata suami Menteri Luar Negeri Retno Marsudi itu.

Baca juga: Gelar Reuni di Tegal, IKA UII Wilayah Bregas Siap Berkontribusi bagi Masyarakat

Pada kesempatan itu, ia juga menyerahkan estafet keketuaannya kepada Dekan Fakultas Ekonomi UGM Prof Dr Didi Achjari MCom.

Prof Didi Achjari sebagai alumni angkatan 1989 berharap para alumni bisa bernostalgia mengingat kembali masa-masa indah penuh kenangan yang pernah dilewati bersama semasa SMA. Sebab, sejak tamat SMA, para alumni terpisah mengejar cita-cita dan masa depannya.

"Namun di Reuni Ageng 2023, alumni bersatu kembali untuk mempererat persaudaraan, mengenang hal indah, menertawakan cerita lucu, dan saling memberi motivasi dalam perjalanan hidup masing-masing," serunya.

Pelaksanaan Reuni Ageng 2023 ini secara langsung bermanfaat bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan perhotelan di daerah tersebut.

"Kami mengapresiasi Reuni Ageng 2023 ini dan membuat perekonomian Magelang menggeliat. Hotel-hotel penuh oleh alumni. Venue-venue banyak di-booking untuk temu kangen tiap angkatan."

"Para alumni juga berbelanja produk khas kota tercintanya untuk oleh-oleh orang terdekat. Semua ini tentu berdampak luas bagi perputaran ekonomi di kota ini," ungkap Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, alumni angkatan 1991, yang ikut menghadiri acara tersebut.

Baca juga: Di Reuni Akbar 2023, KATSGAMA Luncurkan Buku untuk Indonesia Maju

Kegiatan temu alumni ini sudah kesekian kali. Seperti pada 1993 di Hotel Borobudur, Jakarta, 2005 di Kelapa Gading, Jakarta, 2007 di Puri Asri, Magelang, 2013 di Lemhannas, Jakarta, dan 2017 di Puri Asri.

Tercatat sejumlah anggota Ikasmansatama yang berkiprah luas antara lain Prof Dr Ir Budi Susilo Soepandji (Mantan Gubernur Lemhannas dan Direktur PT TWCB), Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra (Wakil Menteri Pertahanan), Ir Bambang Tri Sasongko (Direktur MAB/bus listrik), dan Taty Hendropriyono (istri Jenderal Hendropriyono).

Selanjutnya, Prof Ir Wardijasa (tokoh industri kimia), Darmawan Prasodjo (Dirut PLN Persero), Prof Eniya Listiani Dewi (Deputy Chairperson BRIN), Slamet Santosa (pemilik HK Gold), Dr Ir Rozik Boedioro Soetjipto (Menteri Pekerjaan Umum ke-21), dan Laksma TNI (Purn) Fanani Tedjokusumo (Danlantamal IV periode 2005-2006). (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat