visitaaponce.com

Pemkab Lamongan Gelar Festival Difabel Megilan Jilid 2

Pemkab Lamongan Gelar Festival Difabel Megilan Jilid 2
festival difabel Megilan Jilid II di Lamongan(MI/M Yakub)

PEMERINTAH Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengelar Festival Difabel Megilan Jilid 2 Tahun 2023 pada di Halaman Pendopo Lokatantra, Selasa (25/7),. Upaya itu dalam rangka memberikan ruang yang baik bagi para penyandang disabilitas.

"Festival ini sebagai upaya untuk memberikan ruang seluasnya pada saudara kita, " kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka Festival, Selasa (25/7).

Uhronur mengungkapkan Pemkab Lamongan membuka ruang seluas-luasnya bagi setiap lini bagian dari Lamongan yang ingin turut serta membangun Lamongan. Termasuk di dalamnya Forum Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas (FP2HD) dengan mengikutsertakannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) perumusan perencanaan pembangunan Lamongan.

Baca juga : Rumah Ketua DPD Relawan Anies Baswedan di Ciamis Dirusak ODGJ

"Sejak 2 tahun yang lalu disabilitas ini juga kami undang untuk menjadi narasumber, menjadi bagian dari Musrenbang yang kemarin, sehingga ada beberapa keinginan yang sudah terwadahi dan diimplementasikan dalam perencanaan pembangunan Lamongan sekarang maupun ke depan," jelasnya.

Sejumlah harapan itu, lanjut Bupati, sudah cukup mewakili dari seluruh disabilitas yang ada di Lamongan. Mulai dari aktivitasnya, hingga untuk kebutuhan layanan publik. 

Baca juga : Anies, Prabowo, dan Ganjar Bakal Bicara di Balairung Universitas Jambi

"Karena mereka dalam pelayanan publik ini punya kebutuhan khusus yang ini harus kita perhatikan bersama," tambah Pak Yes.

Pak Yes juga menghimbau kepada seluruh perusahaan juga organisasi-organisasi perangkat daerah di Lamongan, untuk memberi perhatian dan perlakuan yang sama pada para penyandang disabilitas di Lamongan.

"Saya menghimbau agar perusahan, OPD dan semuanya saja agar memberikan perhatian yang sama pada para disabilitas yang ada di Kabupaten Lamongan, sehingga mempunyai hak yang setara, hidup yang setara dengan kita semua," imbaunya.

Ketua FP2HD Lamongan Tri Febri Khoirun Nidhom  berterima kasih kepada Bupati Lamongan dan jajaran Pemkab Lamongan, yang telah memfasilitasi terwujudnya Lamongan yang ramah disabilitas. Selain itu, Pemkab juga memberikan ruang-ruang bagi para penyandang disabilitas, serta  menjadikan penyandang disabilitas sebagai subjek bukan sebagai objek.

"Terima kasih telah memberi dan memfasilitasi terwujudnya Lamongan yang ramah disabilitas, memberikan ruang-ruang untuk disabilitas seperti halnya Perundang-undangan dan juga Perda yang menjadikan teman-teman disabilitas ebagai subjek bukan sebagai objek, dan ini kita upayakan melalui festival difabel ini, karena aktor-aktornya adalah teman-teman dengan disabilitas. Harapan kedepan semoga Lamongan semakin inklusif, adanya Forum Disabilitas semakin menjadikan Kabupaten Lamongan ramah disabilitas," harap Irul.

Adapun kegiatan Festival Difabel Megilan pada hari ini diisi dengan lomba menyanyi solo, melukis, serta pawai sepeda roda 3. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat