visitaaponce.com

Sumbar Luncurkan Program Wakaf Tunai Calon Pengantin

Sumbar Luncurkan Program Wakaf Tunai Calon Pengantin
Marapulai dan Anak Daro (Pengantin) memegang lilin saat resepsi perkawinan akibat pemadaman listrik bergilir di Kota Padang, Sumbar.(Antara/Muhammad Arif Pribadi.)

KANTOR Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) melahirkan terobosan baru bernama Wakaf Tunai Calon Pengantin (WTC). Program ini lahir atas kerja sama Kanwil Kemenag dengan BWI dan BSI.

Program ini di-launching Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah bersama Ketua BWI Pusat Muhammad Nuh, Direktur Pemberdayaan Zakat Tarmizi Tohor, Pimpinan BSI Pusat Anton Sukarna, Kakanwil Kemenag Sumbar Helmi, beserta jajaran Kakan Kemenag, Kepala KUA, dan penyuluh Agama Islam, Rabu (26/7), di Asrama Haji Padang. Agar Cintamu Seabadi Wakafmu menjadi tema yang diusung dalam program ini. 

Program itu akan mengajak setiap pasangan untuk berwakaf. Ada 174 kantor urusan agama yang akan menjadi titik pengumpulan WTC di Sumatra Barat.

Baca juga: Dua SPBU di Sumbar Kena Sanksi karena Langgar Aturan Distribusi BBM Subsidi

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Helmi mengatakan wilayahnya memiliki potensi 3.500 pasang calon pengantin setiap bulan. "Potensi ini menjadi peluang pengumpulan wakaf tunai catin sebesar 175 juta setiap bulan dengan estimasi berwakaf sebesar 50.000 masing-masing calon pengantin. Setahun akan mencapai angka Rp2,1 miliar," ungkap Helmi.

Berdasarkan potensi yang besar ini, lanjut Kakanwil, Badan Wakaf Indonesia bersama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat menandatangani Kesepakatan Bersama untuk menggerakkan program Wakaf Tunai Calon Pengantin. "Program wakaf ini akan dijadikan sebagai penunjang dalam membantu ketahanan ekonomi keluarga sebagai bentuk mauquf 'alaihnya," jelas Kakanwil.

Baca juga: PSK dan Waria Diringkus Polisi usai Aniaya Pelanggan

Untuk itu, Kakanwil mengajak 174 Kepala KUA dan 1.400 penyuluh agama bersama-sama menyosialisasikan WTC sebagai bentuk program menuju keberkahan keluarga. "Saya mengajak dan mengimbau jajaran Kemenag Sumbar melalui Kepala KUA, penghulu, dan penyuluh agama Islam untuk menyosialisasikan program ini," imbau Kakanwil.

Kepada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan juga mengajak untuk berwakaf dengan penuh keikhlasan. "Berbeda dengan zakat, harta wakaf ini tidak pernah habis. Namun nilai manfaatnya luar biasa untuk umat. Mari raih keberkahan rumah tangga dengan berwakaf," tandas Kakanwil

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumatra Barat, Japeri, menyampaikan kegiatan Wakaf Tunai Catin dimulai sejak Juni 2023 dan sudah ada beberapa KUA yang memulai. "Tujuan program ini membudayakan kebiasaan berwakaf pada masyarakat. Kemudian meningkatkan capaian dana wakaf sebagai instrumen keuangan sosial dalam Islam untuk ketahanan keluarga," pungkas Japeri. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat