visitaaponce.com

Kembali Batuk, Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas

Kembali Batuk, Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas
Gunung Merapi luncurkan awan panas.(AFP)

GUNUNG Merapi (2.910 mdpl) pada hari Jumat petang sekitar pukul 18.37 WIB meluncurkan guguran awan panas.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta dalam keterangan resminya, Jumat malam menjelaskan, awan panas guguran ini meluncur ke arah barat daya masuk ke hulu Sungai Bebeng atau Sungai Krasak dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter dari puncak.

Baca juga: Gunung Api Dempo Erupsi, Warga Diminta Tak Lakukan Aktivitas Pendakian

Guguran awan panas itu terjadi dengan durasi 113 detik dan amplitudo maksimum 65 milimeter. Saat terjadi awan panas, angin di kawasan puncak mengarah ke timur.

Sejauh ini Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi kebencanaan Geologi masih mempertahankan pada Status Siaga atau pada Level Tiga. Sementara dalam waktu enam jam dari jam 12 siang hingga jam enam sore, teramati terjadi dua kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter atau satu setengah kilometer dari puncak yang mengarah ke hulu Sungai Bebeng.

Baca juga: Pemkab Lumajang Data Kerusakan Akibat Banjir Lahar Dingin Semeru

Selain itu Pos Pengamatan Gunungapi Merapi di Babadan, Magelang melaporkan terdengar satu kali suara guguran dengan intensitas kecil. Sejauh ini tidak dilaporkan adanya perintah pengungsian maupun terjadinya hujan abu di wilayah Kabupaten Sleman.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat